148 Hari Jelang Pemungutan Suara Pemilu, DPRD Sumbar Hearing dengan KPU dan Bawaslu

Hearing DPRD Sumbar dengan ketua dan komisioner KPU dan Bawaslu Sumbar, Senin (18/9/2023) di kantor DPRD Sumbar. (foto/hms)

PADANG, mimbarsumbar.id — Hari ini, Senin (18/9)2023), tepat 148 hari jelang pemungutan suara Pemilu 2024 yang digelar 14 Februari 2024. Terkait hal itu,  Komisi I DPRD Sumatera Barat menggelar audiensi dengan penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu Sumbar

Pertemuan dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Suwirpen dihadiri Ketua KPU Sumatera Barat Surya Efitrimen bersama komisioner KPU didampingi sekretaris KPU Firman dan Kabag serta kasubag di lingkungan KPU.

Selain KPU Sumbar juga dihadiri komisioner Bawaslu Sumatera Barat, Vifner, Muhammad Khadafi dan Febrian Bartez.

Pada kesempatan tersebut wakil ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib berharap, agar pemilu serentak, baik Pileg, Pilpres maupun pilkada dapat terlaksana dengan baik, serta tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

“Pada dasarnya kita semua menginginkan agar pemilu berjalan sesuai dengan harapan, yakni aman dan transparan, sehingga tidak menimbulkan polemik dan kendala di kemudian hari, situasi sebelum dan sesudah pemilu tetap aman, dan masyarakat merasa puas,” tutur Suwirpen, Senin (18/9/2022).

Dia juga menambahkan, kondusifitas negri dalam pemilu tidak terlepas dari transparansi dan tertibnya penyelenggaraan, yang notabene dilakukan oleh komisioner KPU dan Bawaslu beserta jajarannya.

Diperkuat lagi dengan pernyataan Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumatera Barat, Maigus Nasir, pertemuan dengan penyelenggara pemilu sangat penting untuk mengetahui tahapan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu 2024 berikut hal teknis lainnya.

“Pertemuan ini sangat penting untuk mengetahui tahapan pemilu, termasuk tehnis, khususnya menyangkut Pilkada serentak,” tutur Maigus Nasir.

Dalam audiensi yang berlangsung di ruang khusus 1 DPRD Sumbar mengemuka sejumlah pertanyaan terkait keterwakilan perempuan, atribut bakal calon hingga alokasi anggaran dalam APBD provinsi maupun kabupaten dan kota pada Pemilu 2024.

Pertemuan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Suwirpen dihadiri Ketua komisi I DPRD Sumbar Syawal bersama Wakil Ketua Maigus Nasir dan Sekretaris Rafdinal.(ms/*/ald)