Ashelfine Siap Gantikan Yuswir Arifin Pimpin Sijunjung

PADANG, MIMBAR — Kabupaten Sijunjung merupakan salah satu daerah yang ikut Pilkada Serentak 2020 yang akan datang. Beberapa nama calon bupati mulai mengapung untuk menggantikan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin yang tidak bisa maju lagi karena sudah dua periode menjadi bupati.

Di antara calon itu, terdapat nama Ashelfine yang pada Pilkada Sijunjung 2015 lalu pernah juga ikut, tapi kalah suara dari pasangan Yuswir Arifin – Arrival Boy. Harapan masyarakat daerah “Lansek Manih” itu sekarang, Ashelfine lah yang cocok untuk melanjutkan kepemimpinan Yuswir.

Notaris kelahiran Muaro Sijunjung 51 tahun silam itu memang sosok yang dibutuhkan untuk membangun Kabupaten Sijunjung yang lebih baik ke depan. Visinya untuk membawa Sijunjung menjadi daerah unggulan di kawasan tengah Sumatera begitu kuat, khususnya di sektor pertanian, perkebunan, pertambangan dan pariwisata.

“Komoditi yang dari dulu sudah menjadi andalan Sijunjung, harus dipertahankan, dan dikembangkan bukan saja dalam bentuk mentah, tapi sudah menjadi produk-produk hilir. Umpamanya lansek yang sudah menjadi ikon Sijunjung,” sebutnya, Sabtu (22/6) di Padang.

Perkebunan lansek, maupun buah lainnya, harus dikelola secara profesional, sehingganya bukan lagi dijual dalam bentuk mentah semata, tapi ada produk-pruduk turunannya, dalam bentuk kemasan. “Jadi ada pabrik buah di Sijunjung, termasuk turunannya seperti jus, dan produk lainnya,” imbuhnya.

Buah dalam bentuk kemasan itu, lanjutnya, disamping di taruh di supermarket-supermarket, juga untuk ekspor. “Mengenai pasar inilah seharusnya pemerintah daerah ikut serta mencarikannya,” ujar sarjana hukum tamatan Universitas Bung Hatta itu optimis.

Begitu juga di sektor pertambangan, harus memberikan manfaat bagi kemakmuran masyarakat Sijunjung. Tambang-tambang harus dikelola secara baik, dan tidak merusak lingkungan. Persoalan tambang, jangan sampai menimbulkan masalah baru, harus ditata dengan baik ke depannya.

Khusus sektor pariwisata, apa yang telah dilakukan saat ini sudah bagus, dengan mengembangkan destinasi wisata alam. Apalagi sebutnya, Sijunjung telah menjadi perhatian dunia dengan adanya Geopark Silokek. “Pembenahan infrastruktur penunjang pariwisata itu harus diprioritaskan ke depan,” pungkasnya.

Ashelfine yang juga Ketua PAN Kabupaten Sijunjung itu menyatakan siap untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin. “Tentu hal ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Sijunjung,” harapnya.

PAN Sijunjung di bawah kepemimpinan Ashefine di Pileg 2019 baru lalu sukses mendapatkan 3 kursi dari 30 kursi yang ada di DPRD Sijunjung. Jadi untuk maju tinggal menjalin komunikasi dengan partai lainnya untuk membentuk koalisi dalam menghadapi Pilkada Sijunjung 2020. (ms/rls/ang)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan