LP2M UNP Selenggarakan Pelatihan EDL Kedokteran

Rektor UNP menyerahkan cenderamata pada LP2M yang jadi mitra pelatihan Etik. foto.dok

Padang, Mimbar — Universitas Negeri Padang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) melaksanakan Pelatihan Etik Dasar Lanjut (EDL) dengan menggandeng Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN), di Ruang Sidang Senat Rectorate an Research Center UNP, Kamis (12/9).

“Pelatihan EDL di UNP yang berlangsung dari Kamis hingga Sabtu (12–14/9) LP2M UNP tidak berjalan sendiri. LP2M UNP menggandeng mitra kerja Komisi Etik Penelitian Kesehatan RI dengan menghadirkan nara sumber dr Triyono Sundoro PhD,” ujar Rektor UNP pada pembukaan Pelatihan EDL, Kamis (12/9).

Jadi, kepada para peserta, mari mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, tak terkecuali kepada peserta dari UNP sendiri karena kesempatan seperti ini jarang terjadi,” kata Prof Ganefri lagi.

Sementara itu Dr Khairudin menjelaskan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan mengenai etik penelitian di bidang kesehatan bagi dosen, peneliti dan Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KE-PK).

“Karena penelitian yang mengikutsertakan manusia dan atau hewan sebagai subjek penelitian harus memberikan perlindungan kepada subjek penelitian. Perlindungan yang dimaksud adalah kearifan untuk menjaga harkat dan martabat subjek penelitian, maka melalui pelatihan EDL ini para peneliti memahami kode etiknya,” ujar Khairudin menjelaskan.

Usai pembukaan pelatihan EDL ini, Dr dr Linda Rosalina . Sked. M Biomed, salah seorang panitian merinci, lebih kurang 50-an peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta berpartisipasi pada kegiatan ini. Peserta selama 3 hari dibekali dengan berbagai materi diantaranya standar kelembagaan dan tatalaksana dan proses kaji etik. (ms/age)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan