30 Pejabat Eselon III Pemkab Dharmasraya Ikuti Uji Kompetensi di UNP

H. Khairuddun, Dt. Rajo Salean, SE., MM. foto.dok

Padang, Mimbar – Sebanyak 30 Pejabat eselon III A di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan mengikuti uji kompetensi jabatan di UNP Kampus Bukit tinggi pada tanggal 31 Agustus sampai tanggal 1 September 2019. Uji kompetensi ini merupakan bagian integral dari rangkaian proses seleksi untuk menduduki jabatan setingkat di atasnya.

Kepala BKPSDM Kabupaten Dharmasraya, H. Khairuddin Dt. Rajo Saelan, SE., MM., menyebutkan ke 30 orang pejabat eselon III A yang sudah memenuhi kriteria antara lain lima kepala bagian di lingkungan Setda, sembilan camat, 15 sekretaris OPD dan satu direktur RSUD. Ada beberapa pejabat eselon III A yang tidak diperintahkan untuk mengikuti uji kompetensi jabatan.

Baca Juga:  Kepala Jorong Padang Sari Hentikan Trabas Bupati Sutan Riska

Pria pemegang gelar tigo tali sapilin itu, lebih jauh mengatakan, mereka yang tidak memenuhi kriteria untuk uji kompetensi jabatan disebabkan antara lain usianya yang sudah mendekati masa purnabhakti. Selain itu, juga mereka yang pangkatnya belum mencapai pangkat dasar Eselon III A. “Kalau ndak faktor umur ya masalah pangkat. Dua itu saja,” kata Khairuddin.

Pembatasan usia dan kepangkatan dalam proses uji kompetensi itu, menurut Khairuddin, adalah menjadi bagian dari kebijakan Pemkab Dharmasraya untuk meremajakan para peiabat, sekaligus untuk menyiapkan kader kader pejabat yang kompeten untuk menduduki jabatan setingkat di atasnya. Sebab ada sejumlah jabatan pada tataran eselon II yang kosong dan ada juga yang dijabat oleh para senior yang mendekati usia pensiun.

Baca Juga:  Nagari Sinamar Terima CSR 211 Juta Lebih

Selain itu, imbuhnya, uji kompetensi jabatan ini juga menjadi langkah kebijakan untuk memetakan kemampuan para pejabat. Dengan mengetahui kemampuan para pejabat, akan memudahkan bagi pimpinan dalam membina karier pegawai. Dengan begitu, produktifitasnya akan bisa lebih baik sehingga bisa menjadi faktor penentu dalam keberhasilan pencapaian visi dan misi daerah. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *