Akankah Riza Falepi-Genius Umar Berpasangan di Pilkada Sumbar 2020?

Silaturahmi Walikota Payakumbuh Riza Falepi dengan Walikota Pariaman Genius Umar. foto.dok

PARIAMAN, MIMBAR — Walikota Payakumbuh Riza Falepi bertandang ke Kota Pariaman, Sabtu (5/10). Di Kota Tabuik itu, walikota yang berniat maju di Pilkada Sumbar 2020 itu dijamu oleh koleganya Walikota Pariaman Genius Umar, sambil makan siang di salah satu rumah makan.
Pertemuan kedua kepala daerah ini, memunculkan spekulasi dari masyarakat. Apalagi, Riza yang merupakan mantan Anggota DPD RI itu bersilaturahmi dengan Genius Umar yang juga pernah menjadi ASN di DPD RI.
Apakah Riza melakukan penjajakan untuk mengajak Genius Umar berpasangan di Pilkada Sumbar 2020?
Banyak prediksi, kalau benar Riza Falepi – Genius Umar berpasangan, berpeluang menjadi pasangan kuda hitam di Pilkada Sumbar 2020. Setidaknyq, pasangan ini representasi darek dan rantau/pasisia. Keduanya merupakan pemimpin muda dan milenial, serta memiliki pendukung primordial yang mumpuni. Riza dengan Gonjong Limo dan Genius dengan PKDP.
Riza sudah malang melintang di daerah pemilihan Sumbar ketika maju DPD RI dan berhasil duduk. Sementara Genius, merupakan alumni STPDN yang mana mereka itu tersebar di seluruh Sumbar menjadi abdi negara, mulai dari jabatan lurah, kepala OPD sampai sekda. Jadi kekuatan duet Riza – Genius sangat signifikan.
Tetapi seperti disampaikan Riza Falepi di laman fesbuknya, ia datang ke Pariaman, disamping memenuhi ajakan Genius, juga ada hajat lainnya, salah satunya menghadiri pertandingan persahabatan PGRI Payakumbuh dengan PGRI Kabupaten Padang Pariaman. “Tapi saya beruntung, sebelum lihat tanding bola, dijamu dulu sama pak Wali Kota Genius,” ujarnya.
Lanjutnya, ia juga senang datang ke Pariaman, sebagai daerah rantau/pasisia. “Sesekali kita perlu menyeimbangkan udara yang kita hirup, antara Payakumbuh berudara darek, dan Pariaman berudara rantau/pasisia“, tuturnya.
Lanjut Riza, pembicaraan dengan Genius mulai dari hal-hal sederhana hingga urusan-urusan menjalankan roda organisasi pemerintah. Saling berbagi satu sama lain, utamanya terkait bagaimana menghadirkan layanan publik yang terbaik bagi masyarakat.
Bak kata pameo urang awak, Piaman tu laweh (luas). Orang Piaman pun banyak tersebar di berbagai daerah perantauan baik di Sumbar, ataupun luar Sumbar. Persatuan orang pesisir ini di perantauan cukup terkenal dan aktif, kita kenal dengan singkatan PKDP, termasuk ada di Kota Payakumbuh.
“Alhamdulillah, berapa tokohnya kami angkat untuk menduduki posisi strategis di Pemko Payakumbuh (eselon II). Dan sepertinya sinergitas antara darek dan rantau/pasisia ini perlu senantiasa dipererat demi keseimbangan alam,” tutup Riza. (ms/fsc/ald)

Baca Juga:  HM Tauhid Komit Sejahterakan Nelayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *