Akibat Curah Hujan Tinggi, Bencana Banjir Terjadi di Sungai Buluah

Agam, Mimbar – Bencana banjir terjadi di Jorong Sungai Buluah Nagari Cingkariang Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Sumatera Barat, Sabtu (15/02/2020) akibat curah hujan yang tinggi didaerah itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, M Luthfi AR yang didampingi Pusdal Ops Lukman Syahputra mengatakan, banjir menggenangi akses lalu-lintas dan permukiman warga dengan ketinggian mencapai  30 centimeter yang mengakibatkan akses lalulintas terganggu.

“Akibat dari curah hujan yang tinggi mengakibatkan debit air naik dan tidak  tertampungnya saluran irigasi yang terletak di tepi jalan sehingga banjir meluap ke perumahan dan jalan raya. Selain menggenangi perumahan Air juga merendam  9 lokal SDN 13 Nagari Cingkariang, ” ujarnya saat di konfirmasi wartawan.

Hingga berita ini diturunkan curah hujan tinggi masih terjadi di wilayah setempat dan diprediksi debit air akan bertambah.

“Saat ini Tim BPBD sudah menuju lokasi untuk melakukan pemantauan dan pendataan. Sementara waktu kita mengimbau kepada para pengendara serta masyarakat yang tinggal di lingkungan setempat untuk waspada,” ulasnya.

Sementara itu salah seorang pengendara yang melintas, dari Padang menuju Bukiitnggi, Ilham (30) menuturkan, selain menutupi badan jalan, genangan air juga tinggi dan berbahaya untuk pengendara roda dua.

“Saat ini saya belum bisa melanjutkan perjalanan, karena debit air masih tinggi, sementara ini saya bersama pengendara lainnya memilih untuk berteduh sampai debit air turun”, ujar Ilham. (Ms/Mariel)

Baca Juga:  Pasien 03 Terpapar Covid-19 di Agam Dinyatakan Sembuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *