Anies Baswedan Puji Keberanian Perempuan Minang, Ka’bati: Kami Tidak Salah Pilih Presiden

Anies Baswedan saat orasi kebangsaan di sela sela pelantikan pengurus DPW NawDem Sumbae, Sabtu (5/8/2023) malam. (foto.dok/riko)

PADANG, mimbarsumbar.id — Calon Presiden besutan Partai NasDem, Anies Rasyid Baswedan memuji keberanian perempuan minang. Anies menyebut dua tokoh perempuan minang yang perannya sangat signifikan dalam memajukan Indonesia, Rangkayo Rasuna Said dan gurunya Rahmah el Yunusiah.

“Rasuna Said itu perempuan pertama yang terkena speek delict dari Belanda, karena keberaniannya berbicara di depan umum,” jelas Anies dalam orasi kebangsaannya di hadapan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Gubernur Sumbar Mahyeldi, sejumlah pengurus DPP dan ratusan Bacaleg NasDem serta  pimpinan parpol di Sumbar yang menghadiri pelantikan pengurus DPW Partai NasDem Sumbar, Sabtu (5/8/2023) malam di The ZHM Premiere Hotel Padang.

Lebih jauh Anies menyebutkan bahwa Speek delict adalah pencekalan terhadap seseorang yang berani berbicara di depan publik dan dianggap mengancam kekuasaan kolonial. Karena itu, Anies berjanji akan terus memperjuangkan posisi perempuan dan memberi ruang bagi perempuan dalam menegakkan demokrasi di Indonesia.
“Yang tak kalah hebatnya dari Rasuna adalah Rahmah el Yunusiah. Beliau guru Rasuna. Pendiri sekolah putri Diniyah Putri. Kalau Rasuna sudah ditetapkan jadi pahlawan Nasional maka kita juga mendorong negara memberi anugrah pahlawan buar Rahmah,” tegas mantan gubernur DKI yang juga pernah menjabat mentri pendidikan tersebut.

Menanggapi pujian tersebut, Ka’bati Sekretaris DPW Garda Wanita Malahayati Sumbar mengatakan bahwa mereka tidak salah memilih bakal presiden.
“Kami tak salah memilih presiden. Anies mengerti bahwa jantung peradaban di ranah ini ada pada perempuan. Budaya matrilineal menempatkan perempuan di tempat terhormat dan menyediakan ruang bagi perempuan untuk eksis di segala bidang, termasuk dalam berpolitik,” ujar perempuan aktifis yang saat ini maju sebagai Bacaleg Provinsi Dapil 1 Kota Padang tersebut.
“Orang yang memuliakan perempuan itu pasti mulia. Anies sangat memuliakan perempuan. Beliau mengerti bahwa ditangan perempuan perubahan ke arah yang lebih baik akan terwujud,” tegas Ka’bati.

Karena itu, Ka’bati menyatakan akan terus mengawal dan mengingat pesan dan janji Anies.

“Kita yakin, pimpinan yang punya sensitifitas gender dan telah menyatakan janji untuk memperjuangkan hak-hak demokrasi dan kesetaraan seperti Anies layak untuk dipilih bersama,” ujarnya.
Menurut Ka’bati, kekuatan perempuan dalam Pemilu mencapai 50 persen lebih.
“Kalau suara perempuan diberikan kepada Anies, saya yakin kemenangan ada di kita. Perempuan memilih, Anies presiden dan NaDem juara,” tegasnya.

Anies datang ke Sumbar bersama rombongan pengurus pusat (DPP) Partai NasDem yang langsung dipimpin oleh Ketua Umumnya, Surya Paloh ke Padang, Sabtu (5-6/8/2023) kemarin.

Anies disambut gegap gempita oleh masyarakat. Tidak hanya kader-kader partai yang bersuka ria tetapi juga seluruh kader dari partai koalisi dan ribuan rakyat Sumbar lainnya.

Kedatangan Anies dan Surya Paloh ke Sumatera Barat kali ini juga dalam rangka pelatihan untuk Bakal Calon legislatif (bacaleg) serta peresmian kantor baru partai yang berlokasi di Jalan Veteran Padang. NasDem Tower, sebuah kantor yang dipuji sebagai kantor partai termegah di provinsi ini. (ms/*/ald)