Antisipasi Covid-19. Pemkab Kepulauan Mentawai Gelar Forum OPD secara Online

Ketua Bappeda Mentawai Naslindo Sirait. foto.dok

Tua Pejat, Mimbar – Mengantisipasi penyebaran Corona Desease Virus (Covid 19). Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sudah menjadwalkan pelaksanaan Forum OPD untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021, digelar secara online.

Hal ini disampaikan Kepala Bappeda Kepulauan Mentawai Naslindo Sirait, Rabu. 18 Maret 2021 di Tuapejat. “Kita bergerak cepat begitu mendapat arahan dari Pemerintah Pusat agar sebaiknya menghindarkan pertemuan dalam jumlah besar sementara agenda forum OPD ini bagian dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah harus dilaksanakan tepat waktu. Untuk menyikapinya kita siapkan perangkat aplikasi yang memungkinkan kita rapat dengan video conference dengan aplikasi skype. Dimana masing masing OPD mengikuti forum OPD dari kantor mereka tanpa harus berkumpul”l,” ungkap Naslindo.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabbagalet yang ikut dalam forum ini langsung memantau dan mengendalikan dari ruangan kerjanya dengan perangkat jaringan internet. Bupati mengapresiasi Tim Bappeda yang tanggap atas situasi krisis ini. “Forum OPD ini kan sangat penting untuk membahas berbagai rencana kerja OPD untuk masuk di dalam RKPD. Dalam situasi krisis karena virus Corona, agenda ini tetap bisa terlaksana dengan baik malah lebih efektif dan efesien,” ujar bupati Yudas.

Baca Juga:  Hebat... Pramuka Mentawai Juara Lombar Baris Berbaris Tingkat Sumbar

Bupati berharap selama masa krisis penyebaran Corona ini, seluruh jajarannya agar rapat rapat dilakukan secara online menghidari pertemuan pertemuan sehingga bisa cepat memutus penyebaran virus ini

“Kita berdoa dan berusaha agar krisis ini segera selesai dan kita kembali normal melakukan aktivitas pemerintahan dan kemasyarakatan,” harap Bupati Yudas.

Naslindo Sirait menambahkan bahwa pada Forum OPD ini mengangkat empat isu strategis antara lain masih rendahnya kualitas SDM, tingginya tingkat kemiskinan, pengelolaan SDA yang belum optimal dalam hal menaikkan nilai tambah dan pengelolaan pariwisata Mentawai yang belum optimal.

Baca Juga:  Listrik Bambu Terangi Mentawai

“Kerena itu dalam Forum OPD ini juga kita mengintegrasikan tiga hal yakni integrasi perencanaan pembangunan pariwisata, integrasi perencanaan pembanguan sektor hilir dan hulu dan integrasi penanggulangan kemiskinan di daerah,” jelas Naslindo.

Lanjut Naslindo, dengan integrasi ini maka program program prioritas di OPD bersangkutan yang merupakan program prioritas daerah akan mendapat dukungan dari semua OPD yang terkait, sehingga tingkat keberhasilan dari sebuah program prioritas daerah akan cepat tercapai karena tidak ada lagi ego sektoral.

Dari pantau media semua kepala OPD dan jajarannya mengikuti rapat OPD ini dengan tertib dari setiap kantor mereka masing-masing.

“Semoga target yang dharapkan bupati bisa tercapai,” ucap Naslindo. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *