Anugerah Adinata Syariah 2024, Bukti Program Ekonomi Syariah Mahyeldi Diakui Nasional

Gubernur Mahyeldi menerima anugerah Adinata Syariah 2024 dari Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin, selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk, Tangerang, Senin (20/05/2024). (foto/dok)

JAKARTA, mimbarsumbar.id — Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan ekonomi syariah dengan meraih Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024.

Penghargaan bergengsi ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin, selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk, Tangerang, Senin (20/05/2024).

 

Pencapaian membanggakan ini menjadi bukti nyata keseriusan Sumbar dalam menjadikan ekonomi syariah sebagai pilar penting pembangunan daerah. Sumbar berhasil menyapu bersih tiga kategori utama, yaitu Juara 1 Program Inovasi Sektor Ekonomi Syariah, Juara 1 Industri Halal, dan Juara 1 Kelembagaan Daerah yang fokus pada pengembangan Ekonomi Syariah Tingkat Provinsi.

Selain itu, Sumbar juga menunjukkan performa gemilang di kategori lainnya dengan meraih Juara 2 Sektor Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan, Juara 2 Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (HAS), Juara 3 Keuangan Mikro Syariah, dan Juara 4 Program Inkubasi Usaha Syariah.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, mengungkapkan rasa syukur atas prestasi membanggakan ini.

“Deretan capaian ini adalah hasil dari komitmen bersama,” ujar Mahyeldi. Ia menjelaskan bahwa Sumbar terus melakukan pembinaan terhadap lembaga keuangan syariah hingga tingkat kelurahan/nagari/desa, membina UMKM untuk memiliki sertifikat halal, menggelar berbagai iven dan festival produk halal, serta memanfaatkan potensi perantau dan diaspora Minang yang tersebar di seluruh dunia.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang juga Ketua KNEKS, mengapresiasi kerja keras dan sinergi semua pihak dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah di daerah masing-masing. “Penghargaan ini merupakan bagian dari upaya memperkokoh Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia,” kata Wapres Ma’ruf.

Wapres berharap, seluruh provinsi di Indonesia segera memiliki Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) agar potensi besar ekonomi dan keuangan syariah dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.

Wapres juga meminta setiap Pemda lebih maksimal lagi dalam mengadopsi model ekonomi dan keuangan syariah yang inovatif dan responsif bagi kebutuhan masyarakat, memperkuat peran Pemda dari tingkat provinsi hingga desa dan kelurahan, menciptakan regulasi dan kelembagaan yang kondusif, membentuk lembaga keuangan syariah di tingkat lokal, meningkatkan literasi dan infrastruktur pendukung, serta manfaatkan segenap potensi yang ada.

“Saya ucapkan selamat kepada daerah-daerah yang meraih penghargaan pada Anugerah Adinata Syariah tahun ini, khususnya Sumatera Barat yang menjadi Juara Umum. Saya juga mengucapkan terima kasih pada segenap pihak yang menyelenggarakan kegiatan ini, dan mari sama-sama meneguhkan keyakinan, bahwa hadirnya ekonomi dan keuangan syariah akan menghadirkan kesejahteraan, kemaslahatan, serta menghapuskan ketimpangan,” ucap Wapres menutup. (ms/adv/adpsb/isq)