Bangun Sanitasi, Pemkab Agam Gunakan DAK Dari Kementrian PUPR Pusat

Agam, Mimbar – Sebagai upaya mengatasi pencemaran lingkungan, Pemerintah Kabupaten Agam bakal membangun sanitasi di beberapa lokasi yang tersebar di daerah itu.

Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Agam, Nelfendri di ruangan kerjanya, Senin (27/07/20) menyebutkan, pembangunan sanitasi ini akan dilakukan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar Rp900 juta untuk tiga lokasi.

Ke-3 lokasi itu adalah Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan dengan anggaran Rp360 juta, kemudian Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso Rp180 juta dan Nagari Lasi, Kecamatan Canduang Rp360 juta.

Baca Juga:  Wagub Sumbar, Drs. H. Nasrul Abit Resmikan Kantor Wali Nagari Sungai Tanang

“Pengerjaannya diperkirakan dimulai akhir Agustus atau awal September 2020, yang akan dilaksanakan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Saat ini masih tahap penyusunan Rencana Kerja Masyarakat (RKM),” ujarnya.

Menurutnya, dengan dibangunnya sanitasi secara bertahap dapat mengurangi pencemaran lingkungan terutama terkait sumber air, yang pada akhirnya akan menjadikan masyarakat lebih sehat.

Pembangunan sanitasi ini, ulasnya, diusulkan kepada pemerintah pusat sejak 2019 sebanyak 12 lokasi dan yang disetujui hanya untuk 3 lokasi. (Ms/RiL)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.