Bapedda Agam Gelar Sosialisasi pelaksanaan pengumpulan data statistik sektoral

Agam, Mimbar – Sosialisasi pelaksanaan pengumpulan data statistik sektoral digelar Bappeda Kabupaten Agam, Jumat (14/2/20). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan seluruh OPD.

Narasumber berasal dari BPS Kabupaten Agam, Adek Budiman dan Kadis Kominfo Agam Fauzan Hutasuhut.

Kepala Bappeda Agam Welfizar, mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan data dan menggunakan data indikator statistik untuk pengambilan kebijakan di masing-masing OPD.

“Dengan kegiatan ini kita satukan pemahaman akan pentingnya menyajikan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses,” katanya.

Baca Juga:  Warga Ampek Nagari Agam Luka-luka Diserang Buaya

Dilanjutkannya, dukungan ketersediaan data statistik yang berkualitas juga menjadi hal utama dalam melakukan perencanaan dan perumusan kebijakan, alat kontrol terhadap implementasi perencanaan, termasuk kebijakan alat yang bersifat evaluasi.

Sementara itu, Narasumber Adek Budiman dalam penyampaian materinya mengatakan, bahwa tidak semua data dapat dipenuhi oleh BPS. Pasalnya, statistik dasar diselenggarakan BPS sedangkan statistik sektoral diselenggarakan oleh isntansi pemerintah sesuai tupoksinya.

“Kita minta kepada Dinas Kominfo yang nantinya (tahun 2020) sebagai leading sektor pengelolaan data statistik sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, agar menunjuk koordinator untuk memudahkan pengumpulan data statistik” Ujarnya mengakhiri. (Ms/Mariel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *