Basril Basar Lantik PWI Mentawai, Pj Bupati Apresiasi Kontribusi Wartawan Bangun Daerah

Ketua dan pengurus PWI Sumbar bersama Plt Bupati Mentawai usai melantik pengurus PWI Mentawai periode 2023 -2026, Senin (24/7/2023) di aula kantor Bupati Mentawai di Tua Pejat. (foto.dok/abie)

TUA PEJAT, mimbarsumbar.id – Ketua PWI Sumbar, Ir. Basril Basyar meelantik Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mentawai periode 2023 -2026, Senin (24/7/2023) di aula kantor Bupati Mentawai di Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Rilis yang diterima redaksi, Senin siang menyebutkan pelantikan pengurus PWI Mentawai dihadiri oleh Pj Bupati Fernando J Simanjuntak, segenap pejabat Forkopimda, OPD serta para Anggota PWI Mentawai.

Ketua PWI Cabang Sumbar Basril Basyar dalam dalam sambutannya mengatakan bahwa Mentawai adalah kabupaten yang memiliki potensi besar serta patut dikelola secara efektif dan optimal.

“Pak Pj Bupati ini orang pusat, saya yakin beliau punya kiat dan strategis untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mentawai ini,” kata BB, sapaan akrab Basril Basyar.

BB hadir di Tua Pejat didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan HM Khudri, Wakil Bidang Digital dan Elektronik Eri Yanto Leo, Wakil Bendahara, Rusdi Bais dan mewakili Dewan Kehormatan Edi Jarot serta anggota seksi sosial Charles Zein. Turut hadir juga bersama pengurus PWI Sumbar Ketua IKWI Sumbar, Hj Iva Turezya Idroes.

Pengurus PWI Mentawai yang dilantik adalah Penasehat: Rahadio Suroso, Dedy Bastian dan Joni Anwar, Ketua Jhoni Mardieson, Sekretaris Erik Virmando, Bendahara Kornelia, Bidang Organisasi, Riky Afer, Pendidikan Redi Harianto Seksi Hukum, Saptos Yonara dan Siwo Syamsurijon SH.

Pengurus IKWI Mentawai DIlantik

Sementara itu Pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) ketua, Devita Santana, Sekretaris Desrimayanti Bendahara Murni Pramita, Bidang Kesejahteraan Muherni Habibah, Bidang Bidang Pariwisata Tuti Handyani Bidang Sosial, Wenti Exlesia dan Bidang Pendidikan, Femelia Savita.

“IKWI adalah Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia ini penting untuk menunjang profesi seorang wartawan termasuk untuk menjaga suaminya dalam tugas,” kata BB.

Berkenaan dengan keorganisasi, BB mengatakan bahwa PWI adalah organisasi wartawan terkemuka di negeri ini. “Sejak reformasi banyak organisasi wartawan yang muncul, tapi PWI yang terbesar dengan jumlah anggota 11 ribu lebih dan tetap eksis sehingga dipercayai melaksanakan Hari Pers Nasional (HPN), yang acaranya selalu dihadiri presiden ” kata BB.

Sampai sejauh ini, lanjutnya bahwa di Sumbar HPN pernah dilaksanakan pada Tahun 2016 silam. “Kalau HPN dilaksanakan banyak kue-kue pembangunan untuk daerah, Mentawai bisa saja kami usulkan untuk HPN Sumbar misalnya” kata BB.

Pj Bupati Simanjuntak dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan PWI dan IKWI. “Selamat untuk pengurus PWI dan IKWI yang dilantik hari ini” kata Pj Bupati.

Lebih lanjut Pj Bupati mengatakan peran wartawan sangat besar dan startegi Sejak era perjuangan sampai sekarang. “Sejak perang kemerdekaan, Bung Hatta dari Banda Neira terus menulis dan menggunakan media pers untuk menggelorakan perjuangan, ” ulasnya.

Pj Bupati menambahkan para wartawan Kabupaten Mentawai khususnya anggota PWI telah memperlihatkan perannya dalam memotivasi dan mendukung program pemerintahan daerah.

“Wartawan dan anggota PWI Kabupaten Mentawai telah banyak membantu pemerintahan daerah dan masyarakat Mentawai, kami sangat menghargai kontribusi positif wartawan di daerah ini,” tambah bupati .

Karenanya, imbuh Pj bupati, agenda pelantikan PWI menjadi strategis guna bersinergi untuk membangun daerah.

“Sesuai permintaan ketua PWI Sumbar tadi kami siap ber sinergitas dengan wartawan melalui PWI. Kami siap bersinergi, mudah-mudahan agenda pelantikan dan sinergitas itu makin erat hendaknya,” harap Pj bupati. (ms/*/ald)