Bawaslu Agam Gelar Sosialisasi dan Pengawasan Pemilu 2019

Lubuk Basung, Mimbar — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam Sumatera Barat gelar sosialisasi fasilitasi, publikasi dan dokumentasi pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Hotel Sakura Syari’ah Lubuk Basung, Senin (16/09/2019)

Acara ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Agam, Elvis.ST. Sosialisasi ini digelar dalam rangka bentuk pertanggungjawaban Bawaslu Kabupaten Agam dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 untuk disampaikan ke seluruh unsur masyarakat.

“Pemilu Legislatif sudah selesai, sebagai bentuk pertanggungjawaban kami sebagai pengawas pemilu maka kami menggelar kegiatan ini supaya sampai kepada publik, baik instansi pemerintah, instansi kepolisian dan kejaksaan serta masyarakat” ujarnya.

Sosialisasi diikuti peserta sebanyak 50 orang berasal dari media, Pemkab Agam, ormas, TNI, Polri, Kejaksaan Agam, KPU Agam dan lainnya

Baca Juga:  DPRD Agam Gelar Paripurna Ranperda Kearsipan

Dijelaskannya, Masyarakat harus mengetahui bagaimana upaya Bawaslu Agam melakukan pengawasan pemilu, penindakan pelanggaran serta proses penyelesaian sengketa.

“selama pelaksanaan Pemilu 2019, pihaknya telah merevitalisasi enam temuan dugaan pelanggaran. Yakni, tiga temuan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu, dua temuan pelanggaran kode etik penyelenggaraan pemilu dan satu pelanggaran terhadap peraturan perundang-undang lainnya” kayanya

Kemudian Bawaslu Agam juga menerima 16 laporan dugaan tindak pidana pemilu yang disampaikan masyarakat. Sesuai ketentuan dalam UU nomor 7 tahun 2017, Bawaslu Agam sudah menindaklanjutinya bersama Polres Agam, Kejaksaan Agam yang tergabung dalam Sentra Pemilu Agam.

“Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan, laporan dan temuan dugaan tindak pidana pemilu itu tidak dapat ditindaklanjuti, karena tidak memenuhi unsur tindak pidana pemilu,” sebutnya.

Baca Juga:  Polres Agam Bekuk Tiga Pengedar Shabu

Selain laporan dan temuan, pihaknya juga menerima delapan permohonan sengketa pemilu saat pencalonan anggota DPRD Agam. Dari delapan permohonan itu, tiga diselesaikan secara mediasi, lima dilanjutkan proses ajudikasi.

“Dalam proses yang dilakukan, empat permohonan sengketa dikabulkan seluruhnya yang menjadi pokok pemohon dan satu lagi dikabulkan sebagian,” sebutnya.

Selain itu Bawaslu Agam mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kerjasama yang baik selama ini. Terkhusus KPU Agam yang telah memberi ruang dalam pelaksanaan pemilu. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Pemkab Agam, yang sudah memberikan dukungan dan memfasilitasi pelaksanaan pemilu. (ms/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *