Bawaslu Mentawai Gelar Rakor Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Rapat Koordinasi pengawasan pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024. Sabtu (03/02/2024) di Aula Graha Viona kabupaten kepulauan Mentawai. (foto/Dinda)

MENTAWAI, mimbarsumbar.id — Bawaslu Kabupaten kepulauan Mentawai mengadakan Rapat Koordinasi pengawasan pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024. Sabtu (03/02/2024) di Aula Graha Viona kabupaten kepulauan Mentawai.

Rapat koordinasi kali ini melibatkan kurang lebih 47 peserta yang terdiri dari LO Polres kabupaten kepulauan Mentawai, Kodim 0319 kabupaten kepulauan Mentawai, Kejari kabupaten kepulauan Mentawai, ketua dan anggota panwascam se kabupaten kepulauan Mentawai serta awak media.

Kegiatan ini dibuka Oleh Nasrullah Siritoitet, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas ( Kordiv HP2H), dihadiri Anggota KPU Eki Butman, S.Hut Selaku Narasumber.

Pada kegiatan rapat koordinasi pengawasan pemungutan dan penghitungan suara yang diadakan oleh Bawaslu Mentawai ini, juga dilakukan simulasi pelaksanaan kegiatan pemungutan suara di TPS. Pelaksanaan simulasi di adakan tersebut di atur dalam, Perbawaslu Nomor 1 Tahun 2019 tentang pengawasan pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan umum, Perbawaslu Nomor 9 Tahun 2019 tentang perubahan atas Perbawaslu nomor 1 tahun 2019 tentang pengawasan pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan umum.

Adapun kegiatan simulasi pelaksanaan kegiatan pemungutan suara terdiri dari kegiatan pendaftaran, pengambilan sumpah KPPS, pengecekan kotak suara yang di saksikan seluruh saksi, pengawas TPS, pencoblosan hingga penghitungan suara.

Dalam laporannya, Analis SDM Sekretariat Bawaslu Mentawai, Mansyur mengatakan bahwa pemilu 2024 tinggal menghitung hari, Sebagai pengawas pemilu kita harus memiliki percaya diri dalam melakukan pengawasan, sebab puncak pengawasan nantinya akan ada di TPS.

“Saya berharap ujung tombak dr jalan nya demokrasi ada di TPS, untuk pengawas pemilu harus membangun percaya diri, membangun kepercayaan diri itu tentunya dengan ilmu,” ujara Mansyur.

“Pengawas pemilu harus benar-benar memastikan bahwa tidak ada kesalahan atau pun pelanggaran yang terjadi saat pelaksanaan pemungutan suara hingga penghitungan suara” lanjut Mansyur.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Mentawai  Perius, S.kom mengatakan kegiatan ini penting dilaksanakan untuk memberikan gambaran proses dari pelaksanaan kegiatan yang berada di TPS nantinya.

“Saya berharap juga peserta bisa memahami materi yang telah disampaikan oleh narasumber sehingga akan mempermudah kita dilapangkan nantinya,” pungkas Perius. (ms/Dinda)