Belajar Soal Film Bersama Riri Riza di Festival Kebangsaan UNP

Mahasiswa UNP mengikuti Coaching Clinic Film bersama Sutradara Riri Riza di Gedung Digital Library UNP, Sabtu (18/5/2024) pagi. (foto/hms)

PADANG, mimbarsumbar.id — Puluhan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) terlihat antusias mengikuti Coaching Clinic Film bersama Sutradara Riri Riza di Gedung Digital Library UNP, Sabtu (18/5/2024) pagi.

Rangkaian acara Festival Kebangsaan yang diselenggarakan UNP bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Teknologi dan Riset (Kemdikbud Ristek) serta Prakarsa itu memberikan informasi mengenai dunia perfilman mulai dari teknik pengambilan gambar, penyusunan skenario dan lainnya.

“Masalah pendidikan sangat penting dalam dunia perfilman di Indonesia, sebab industri perfilman akan berkembang kalau bakat-bakat muda tumbuh,” katanya.

Diharapkan coaching clinic film ini bisa menambah wawasan peserta mengenai dunia film dan nantinya mereka mampu memajukan dunia perfilman indonesia terutama film-film yang mampu menginspirasi. Pada acara itu juga dilakukan praktek sederhana pengambilan gambar film dan akting.

Diketahui Mohammad Rivai Riza atau yang lebih dikenal dengan nama Riri Riza (lahir 2 Oktober 1970) adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser film asal Indonesia. Dia muncul dalam debutnya sebagai sutradara melalui film Kuldesak pada tahun 1998.

Riri Riza telah 4 kali dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik; yaitu pada 2004, 2005, 2014, dan 2016, dan memenangkannya pada tahun 2016 (Athirah). Selain itu, Riri juga selalu masuk nominasi Penulis Skenario/ Skenario Adaptasi Terbaik di setiap film dimana dia dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik itu dan dia memenangkannya pada 2004 (Eliana, Eliana), 2014 (Sokola Rimba), dan 2016 (Athirah) – hanya pada 2005 dia kalah. (ms/*/ald)