Bintang Sain tingkat Sumbar, Padang Tertinggal

PADANG (MIMBAR)- Ratusan siswa SD, SMP dan SMA terbaik se-kabupaten/kota di Sumbar berlaga jadi yang terbaik dalam perhelatan Bintang Sain tingkat Sumbar, memperebutkan Tropi Gubernur Sumatera Barat.

Bintang sains tingkat SD, SMP, dan SMA se Sumatera Barat (Sumbar) digelar pada Rabu (12/2/2020) di Auditorium Gubernuran tersebut berlangsung meriah dengan menghadirkan penampilan komunitas seni siswa di Sumbar.

Seperti diungkap Manager Padang TV Defri Mulyadi, perhelatan Bintang Sain tingkat Sumbar tahun 2020  cukup spektakuler dikarenakan juaranya merata hingga ke pelosok daerah Sumbar.

Hal tersebut menggambarkan kualitas pendidikan di Sumbar merata sampai ke daerah kabupaten/kota, dan tidak terfokus ke satu daerah.

“Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Pesisir Selatan tampil sebagai yang terbaik. Hal ini cukup membanggakan, karena ternyata kualitas pelajar di Sumbar merata hingga ke pelosok. Bahkan untuk tiga besar ditingkat SD, SMP dan SMA semua berasal dari luar Kota Padang,” terang pria yang biasa dipanggil imung ini.

Baca Juga:  UNP Peringkat Pertama dari 10 Universitas Top  di Sumbar Versi Unirank 

Puncak grand final bintang sains yang terselenggara atas kerjasama Padang TV (Grup Padang Ekspres) dengan Dinas Pendidikan Sumbar dan Universitas Negeri Padang tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, dan dihadiri Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP Ermanto.

Bintang sains tingkat Sumbar ini, lanjut imung, adalah puncak dari pelaksanaan bintang sains tingkat SD, SMP dan SMA yang telah digelar secara maraton di 19 kabupaten/kota se Sumbar. Yang mana, mereka yang mengikuti bintang sains tingkat Sumbar ini adalah 10 besar terbaik di daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri mengatakan, spirit berkompetisi harus terus ditanamkan dan digelorakan dalam diri setiap peserta didik, agar terbentuk budaya sportivitas, kerja keras dan berdaya saing di lingkungan sekolah.

“Dengan begitu, akan terbentuk karakter kuat di dalam diri pelajar kita. Terutama bisa berkualitas dari sisi kemampuan sains dalam pembelajaran IPA,” kata Adib Alfikri.

Baca Juga:  Niwa Rahmat : Masyarakat Berperan dalam Kontraterorisme

Menurutnya, melalui jaringan dan seleksi dari puncak kegiatan tersebut, nantinya bisa menjadi duta di Sumbar untuk bisa maju ketempat yang lebih tinggi. Seperti lomba olimpiade, baik tingkat nasional maupun internasional.

Pada kompetisi tersebut diumumkan juara tingkat SDN se Sumbar, dimana juara 1 diraih Humaira Sausan Salsabila dari SDN 31 Payakumbuh, juara 2 Febrian Nabil dari SDN 01 Lubuk Alung, dan juara 3 Habiburrahman dari SDN 26 Payakumbuh.

Untuk juara bintang sains tingkat SMP, juara 1 Tiara Clianta Andiwi dari SMPN 5 Batusangkar, juara 2 Muhammad Javier Djambek dari SMP ICBS Payakumbuh.

Sementara, juara tingkat SMA bintang sains, juara 1 Taufik Rahman dari SMAN 3 Painan, juara 2 Haris Fadhilah dari SMA Excellent Nurul Ikhlas Tanah Datar dan juara 3 Anugerah Surya Atmaja dari SMAN 1 Sijunjung.(ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *