Booming, Tagar #voteindependen dan #OrangIndependenPilihPerseorangan


Padang, Mimbar — Dalam rentang waktu yang cukup singkat, tagar #voteindependen dan #orangindependenpilihperseorangan jadi booming di media sosial.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar, Khadafi Azwar memprediksi, kondisi itu tak terlepas dari banyaknya muncul calon perseorangan (independen) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020, baik di tingkat provinsi maupun di sejumlah kabupaten kota di Sumbar.

“Apalagi di pilkada tingkat provinsi, hanya di Sumbar yang ada calon independen, bahkan untuk saat ini satu-satunya dan pertama di Indonesia ada pasangan calon gubernur independen,” jelas Khadafi.

Di sisi lain Khadafi menduga, kondisi itu disebabkan kejenuhan pemilih Sumbar terhadap calon yang diusung Parpol.

“Karena, kalau memilih calon Parpol tentu anggota Parpol atau masuk jadi anggota Parpol, itu baru pemilih gentle namanya,” ujar Khadafi Azwar.

Bahkan tagar aku pilih paslon perseorangan Pilkada Sumbar sebentar lagi laris manis di Sumbar.

“Ya, iyalah kita orang free, independen, masak dukung calon selain calon perseorangan,” ujar Wakil Ketua IWO Sumbar Almudazir.

Khusus untuk Pilkada Sumbar paslon perseorangan yang sudah memastikan maju dan telah submit silon KPU sebanyak 330 ribu lebih dukungan, hanya paaangan Irjen Fakhrizal-Genius Umar.

“Pak Fakhrizal dan Genius Umar memberi warna baru Pilkada Gubernur Sumbar 2020, pasti greget pesta pemilihan pemimpin bergairah,” ujar Khadafi.

Bahkan kalangan milenial melihat munculnya Paslon independen di Pilkada Gubernur Sumbar memberi antusias kaum milenial Sumbar datang ke TPS.

“Kalau ada Paslon independen jelaslah kami anak milenial coblos Fakhrizal-Genius Umar 23 September 2020 nanti. Bagi saya, calon independen, bungo galeh pilkada Sumbar. KPU harus sadari itu,” ujar Edo, jebolan SMA di Padang.

Sang calon independen, Irjen Fakhrizal dihubungi munculnya arus independen mendukungnya mengucapkan terima kasih.

“Sungguh saya terharu tekad maju di perseorangan justru mendapat respon besar dari kaum independen di Sumbar, untuk itu saya dan Pak Genius mengucapkan terima kasih,” ujar Fakhrizal di Siteba Padang. (ms/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *