BPBD dan Dinsos Pasbar Bantu Serahkan Sembako pada Korban Kebakaran

Pasbar, Mimbar — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat Bersama Dinas Sosial kabupaten Pasbar menyerahkan bantuan sembako dan pakaian kepada seluruh korban kebakaran di Jorong Batang Biyu, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasbar,  Selasa, (23/02/2021).

Bantuan yang diberikan berupa pakaian dan sembako seperti pakaian, beras, makanan, peralatan dapur dan tikar, serta peralatan tidur. Selain itu juga ada Kebutuhan pokok lainnya, seperti alat dan perlengkapan sekolah.

Penyerahan bantuan kepada seluruh korban kebakaran Empat unit rumah tersebut, dilakukan langsung oleh Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Pasbar, Decky Harmiko Sahputra, dan Kepala Seksi Dinas Sosial Pasbar, Syaiful.

Decky Harmiko Sahputra menerangkan, pemberian bantuan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah kepada warga yang terkena musibah kebakaran rumah pada Senin, 22 Februari 2021 kemaren. Pada kebakaran tersebut, empat unit rumah beserta seluruh isinya habis terbakar.

Baca Juga:  Bank Nagari Simpang Empat Bangun Mushalla

“Kita atas nama Pemerintah Daerah sudah menyerahkan bantuan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Pasbar terhadap korban yang sedang mengalami musibah.” ujar Decky kepada wartawan, Kamis, 25 Februari 2021.

Decky menyatakan turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi di Batang Biyu tersebut, pasalnya kejadian itu menimbulkan kerugian dan kesedihan bagi keluarga korban.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Pasbar ini, walaupun nilainya tidak seberapa namun ia berharap dapat meringankan beban keluarga korban.

“Kita juga mendoakan korban kebakaran agar diberi ketabahan dalam menghadapi ujian ini, karena semua ini adalah takdi dari Allah SWT,” katanya.

Baca Juga:  Kadisdikbud Pasbar Ingatkan orangtua Selalu Bimbing Anak Belajar di Rumah

Decky juga meminta masyarakat agar lebih berhati-hati serta menjadikan pelajaran dari musibah ini. Ia juga meminta warga agar lebih cermat, waspada, dan berhati-hati menjaga lingkungan, dan jangan membuang percik api sembarangan terutama disaat musim kemarau seperti saat ini.

“Memang berdasarkan Data BPBD, 90% kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. Untuk itu kita mengimbau kepada masyarakat agar selalu memeriksa instalasi listrik di rumah maupun gedung perkantoran,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Pasbar memberikan bantuan beberapa tenda dan sekaligus mendirikan tenda tersebut di lokasi kebakaran, sebagai hunian sementara para keluarga korban.
(ms/cok)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.