Buka Kartu di Ngobrol HAKIN, HM. Nurnas: Bubarkan saja KI Bila Hanya Mengurus Sengketa

Padang, Mimbar — Inisiator yang juga anggota DPRD Sumbar HM Nurnas buka kartu saat acara Ngobrol Keterbukaan pada peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN), Jumat (30/4-2021) di Kantor KI Sumbar.

“Tugas utama KI itu adalah bagaimana menghentikan atau meniadakan orang bersengketa informasi di ruang sidang KI Sumbar. Tapi, bila komisioner KI hanya sibuk mengurus sengketa informasi, bubarkan saja KI ini,” tegas HM Nurnas yang juga Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar.

“Komisi Informasi (KI) Sumbar itu lahir dimulai dari aksi demonstrasi oleh masyarakat sipil Sumbar, kalau tak ada demo mungkin tidak terbentuk KI Sumbar 4 September 2014,” tambah HM Nurnas dalam diskusi yang dimoderatori oleh Komisioner KI Sumbar,  Tanti Endang Lestari.

Baca Juga:  Makin Populer, Fakhrizal-Genius Ungguli Lawan Politiknya di Sejumlah Polling

Memang, setelah terbentuk KI Sumbar, HM Nurnas juga tak lepas tangan. Bagi Komisi Informasi Sumbar, HM Nurnas tampek bertanya dan berberita.

“Saya ingatkan KI, tugasnya bukan sebatas penyelesaian sengketa informasi publik tok, tapi menjadi mitra bagi PPID Utama dan pembantu di Sumbar tidak lampu togok lagi tapi minimal strongkenglah,” ujar HM Nurnas.

Nurnas berharap KI lebih mempergencar edukasi dan sosialisasi badan publik dan masyarakat.

“Saya berharap kerja penguatan keterbukaan informasi di badan publik ada kolaborasi KI dengan PPID Utama Pemprov Sumbar,” ujar HM Nurnas yabg berharap keterbukaan itu adalah sebuah tarikan nafas.

Baca Juga:  Kuasa Sekkab Agam Tak Bawa Surat Kuasa, Majelis KI Sumbar Tunda Sidang Sengketa Informasi

Ngobrol Keterbukaan yang digelar KI Sumbar ini juga menghadirkan narasumber jasman Rizal (Kadis Kominfo Sumbar), Adrian Tuswandi (Komisioner KI Sumbar), Gusriyono (Ketua FJKIP) dan Isa Kurniawan (Pemerhati)

(ms/rls/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.