Bupati Epyardi Minta UMKM Menjadi Ujung Tombak Ekonomi Rakyat Kabupaten Solok

Bupati Epyardi Asda, pada acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama 150 pelaku UMKM Kabupaten Solok, di Kediamannya di Nagari Singkarak, Sabtu (30/3/2024). (foto/Ridwan)

SOLOK, mimbarsumbar.id — Bupati Solok, Epyardi Asda, meminta UMKM menjadi ujung tombak perekonomian rakyat di Kabupaten Solok.

Hal itu tersebut diungkapkan Bupati Epyardi Asda, pada acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Bupati Solok dan Dekranasda Kabupaten Solok dengan 150 pelaku UMKM Kabupaten Solok, di Kediaman Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda di Nagari Singkarak, Sabtu (30/3/2024).

“UMKM sangat berperan penting terhadap upaya kita dalam mengembangkan sektor Pertanian dan Pariwisata di Kabupaten Solok,” ujar Epyardi Asda.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda, Kepala DKUKMPP/Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Solok, Ahpi Gusta Tusri, dan jajaran Pengurus Dekranasda Kab. Solok, Ketua Komunitas UMKM Kab. Solok, Syafri dan Pelaku UMKM di Kabupaten Solok.

Lebih lanjut Bupati Epyardi Asda mengatakan, Pariwisata di Kabupaten Solok tidak hanya dikenal dengan alamnya yang indah dan memanjakan mata, namun juga dengan cita rasa kulinernya yang enak dan beragam.

Untuk UMKM sendiri, ujar Bupati Epyardi, sudah banyak yang dilakukan oleh Dekranasda Kab Solok, diantaranya memfasilitasi pelatihan, maupun pemberian bantuan peralatan.

Berbicara tentang permodalan, kata Bupati Epyardi, saat ini pihaknya tengah berupaya menjalin kerjasama dengan beberapa Bank, untuk mempermudah pemberian pinjaman kepada pelaku UMKM, nantinya pinjaman tersebut bisa berupa pinjaman tanpa bunga.

”Pemerintah Daerah, akan berupaya membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya, melalui tempat-tempat wisata dan usaha-usaha yang ada di Kabupaten Solok,” tambah Bupati Epyardi Asda.

Ketua Dekranasda Kab. Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda juga mengatakan, kepada para pelaku UMKM untuk dapat berinovasi mengikuti perkembangan zaman, mempunyai marketing yang bagus salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi.

”Semoga pelaku UMKM Kabupaten Solok, dapat menjadi penunjang perekonomian keluarga, dan dapat mengembangkan kreatifitas dalam mengolah produknya, sehingga penjualan terhadap hasil produknya bisa lebih meningkat lagi,” ucap Emiko Epyardi Asda.

Sedangkan, Kepala DKUKMPP sekaligus Ketua Harian Dekranasda Kab. Solok, Ahpi Gusta Tusri, menyebutkan, kegiatan buka puada bersama itu diikuti oleh 150 Pelaku UMKM dan mayoritas dihadiri pelaku usaha yang bergerak di sektor makanan dan minuman.

Kegiatan ini kata Ahpi Gusta Tusri, dilaksanakan dalam rangka membangun hubungan yang baik, antara Pemerintah Daerah melalui Dekranasda dan Pelaku UMKM.

”Guna menyamakan persepsi, sinergitas dan kekompakan, sehingga program yang dimiliki oleh Pemerintah dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.(ms/wan)