Bupati Solok Epyardi Asda Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Pesisir Selatan

Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda beserta jajaran menyerahkan bantuan dan meninjau lokasi yang terdampak banjir di Pesisir Selatan, Senin (18/3). (foto/Ridwan)

SOLOK, mimbarsumbar.id —  Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda dan jajaran datang ke Kabupaten Pesisir Selatan untuk menyerahkan bantuan dan meninjau lokasi yang terdampak banjir, Senin (18/3).

Rusma Yul Anwar selaku Bupati Pesisir Selatan yang menyambut kedatangan Bupati Epyardi menerangkan bahwa 78 ribu warga yang tersebar di 13 Kecamatan dari 15 Kecamatan yang ada terdampak banjir.

“Kmi sangat berharap bantuan dari semua pihak, termasuk dari rekan-rekan Pemerintah Daerah. Pasalnya, bencana ini tidak bisa kami tangani sendiri,” ungkap Rusma.

Lebih lanjut Rusma Yul Anwar juga berterimakasih kepada Bupati Solok yang telah mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan ke Pesisir Selatan. Mulai dari mobil damkar dan personil, alat berat, perlengkapan dapur dan pakaian. “Ini menggambarkan bagaimana kepedulian masyarakat Kabupaten Solok kepada Pesisir Selatan,” ujar Rusma.

Kata Rusma, bantuan berupa alat berat saat ini memang sangat membantu Pemerintah Daerah Pesisir Selatan dalam menangani bencana yang terjadi. Orang nomor satu di Banda Sapulueh itu juga mendoakan agar kebaikan dan kemurahan hati Bupati Solok diberi limpahan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu, Bupati Solok dalam sambutannya menyampaikan rasa prihatin dan duka mendalam terhadap warga di Kabupaten Pesisir Selatan yang terkena dampak banjir. Ia juga meminta maaf kepada masyarakat setempat karna baru bisa hadir ke lokasi bencana hari ini.

“Saya mohon maaf karena baru bisa hadir sekarang sebab di Kabupaten Solok juga terjadi banjir di waktu yang bersamaan meskipun tidak separah banjir di Pesisir Selatan ini. Kalau disini, sepanjang jalan menuju ketempat ini saya lihat banyak yang longsor juga. Untuk itu saya ikut prihatin dan berduka,”ucap Bupati Solok, Epyardi Asda di Kantor Camat Koto XI Tarusan.

Sebagai seorang kepala daerah, kata Epyardi, sudah menyediakan beberapa bantuan untuk masyarakat yang ada di Pessel berupa Kompor Gas sebanyak 100 Set , Pakaian 400 Set, Kain sarung 10 Kodi ,Mukena 50 set, Minyak goreng 234 L, Tikar 30 lembar dan sebelumnya sudah dikirimkan Mobil Damkar beserta personilnya.

“Kalaupun nantinya masih dibutuhkan alat berat lainnya, kami akan siap selalu membantu saudara kami yang ada di Pessel ini. Saya harap dengan sedikit bantuan ini, bisa bermanfaat untuk masyarakat Pessel,”terang Epyardi Asda.

Setelah melakukan penyerahan bantuan, Bupati Solok beserta rombongan singgah dan berdialog langsung dengan masyarakat yang terdampak bencana banjir tersebut.
Selama kunjungan masyarakat sangat antusias menerima bantuan yang diberikan oleh Bupati Solok dan mengaku sangat senang dan terbantu terutama dengan diberikannya bantuan berupa kompor gas yang memang sangat dibutuhkan untuk menghidangkan makan bagi keluarga di rumah terutama di Bulan Suci Ramadhan ini.

Selain Kepala Daerah dari Solok dan Pesisir Selatan, hadir dalam kesempatan itu antara lain Ketua TP-PKK Kab. solok : Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP , Wakil Ketua DPRD Prop Sumatera Barat : H Indra Dt Rajo lelo ,SH, MM, Anggota Dewan Pesisir Selatan Muhayatul, Ketua DPD PAN Pesisir Selatan Rudi Hariansyah, Calon anggota DPRD terpilih, Asisten I Drs. Syarial, MM dan beberapa Kepala OPD terkait serta Camat Koto XI Tarusan beserta jajaran (ms/Wan)