Bupati Sutan Riska Bertekad Jadikan Dharmasraya Lumbung Pangan Nasional


DHARMASRAYA, MIMBAR – Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengatakan ia bersama masyarakat daerah itu bertekad menjadikan Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu lumbung pangan nasional.
“Dharmasraya punya hamparan lahan pertanian yang luas dan masyarakat yang ulet dalam mengolah tanah, hal ini akan menjadi modal kuat dalam mewujudkan tekad tersebut, ” ungkapnya, Kamis (09/07).
Ia menyebutkan, berbagai upaya untuk itu telah dimulai jajarannya bersama pihak terkait lain dengan menggandeng masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani, melalui beberapa paket pengembangan potensi pertanian dan peternakan seperti Kampung Tageh Rumah Gadang, budidaya bibit padi unggul dan lain sebagainya yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup petani daerah itu.
“Yang terbaru adalah kerjasama pengembangan bibit padi M70D yang hasilnya sudah dibuktikan melalui kegiatan panen raya bersama Kelompok Tani Handayani II, Jorong Piruko Utara Nagari Sitiung, ” ucapnya.
Upaya pemerintah daerah tersebut juga mendapat dukungan dari Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Paryanto. Menurutnya, padi varietas unggul sejenis M70D ini memang perlu dikembangkan untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Dharmasraya.
“Ini produksinya luar biasa. Belum pernah produksi padi di Dharmasraya sebesar itu. Jadi memang ini perlu kita kembangkan bersama, untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan daerah. Kita harap, masyarakat petani juga mendukung upaya ini,” tandas Paryanto.
Sebelumnya, Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melakukan panen perdana padi varietas M70D atau dikenal dengan “Padi Moeldoko” bersama petani yang tergabung Kelompok Tani Handayani II, Jorong Piruko Utara Nagari Sitiung, Senin (09/07).
“Berbagai upaya akan terus dilakukan pemerintah daerah untuk kemajuan sektor pertanian di Kabupaten Dharmasraya. Termasuk salah satunya dengan menyediakan bibit unggul bagi petani, ” Sebut Sutan Riska dalam sambutannya yang disampaikan dihadapan Forkopimda, undangan dan unsur masyarakat pada kegiatan itu. (ms/adi)

Baca Juga:  Bupati Dharmasraya Tinjau Lokasi Longsor di Kecamatan IX Koto

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.