Bupati Sutan Riska Canangkan Sungai Duo Sebagai Nagari Statistik

Bupati Dharmasraya Sutan Riska saat menghadiri pencanangan Nagari Statistik di Nagari Sungai Duo. foto.dok

Dharmasraya, Mimbar — Sebulan belakangan ini, Dinas Kominfo disibukkan dengan urusan data. Maklum, sebagai walidata Kabupaten, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya, H. Sutan Muhammad Taufiq, SE., MM tengah merealisasi mimpi besarnya agar Kabupaten Dharmasraya punya basis data statistik yang akurat berbasis nagari. Kondisi itu untuk mendukung kebijakan Bupati Sutan Riska yang menginginkan pemerintahannya berjalan akuntabel, bersih dan transparan.

Langkah pertama, Sutan Saufiq menunjuk Nagari Sungai Duo untuk dijadikan pilot proyek. Mengapa nagari Sungai Duo, menurut anggota keluarga Kerajaan Siguntur, karena nagari Sungai Duo sebelumnya merupakan nagari yang sudah memiliki perangkat keterbukaan informasi publik. Sungai Duo sudah punya website yang dikelola secara aktif, jaringan internet juga lancar. Dan yang pasti, masyarakat Sungai Duo punya partisipasi tinggi terhadap adopsi inovasi.

Baca Juga:  Ratusan Bundo Kanduang se Sumbar ke Dharmasraya, Ada Apa..?

Itulah sebabnya, personil Dinas Kominfo bersama instansi terkait termasuk Bagian Humas Setkab, melaksanakan pengumpulan data, menyusun tampilan dokumen yang diperlukan dan menyajikannya dalam sebuah sistem yang terintegrasi. Sistem ini mudah diakses, sehingga memungkinkan pihak manapun dapat melihat dan mengambil manfaat dari penyajian data yang terus dikoreksi sesuai perkembangan lingkungan.

Setelah Sungai Duo, Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya membidik satu nagari dalam satu kecamatan meniru Nagari Sungai Duo dalam soal data statistik dan sisitem penyajiannya di website nagari. Dan tahun tahun selanjutnya, seluruh nagari dipastikan punya sistem dan data statistik yang terintegrasi, akurat dan mudah diakses. “Ini target kita ke depan,” kata Sutan Taufiq.

Baca Juga:  Kunjungi Dharmasraya, Tim Verifikasi Nirwasista  Tantra Senang Melihat Lubuk Larangan 

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyambut baik inovasi yang dimotori Dinas Kominfo dan didukung seluruh OPD se Kabupaten Dharmasraya. Menurut bupati termuda ini, pemerintahannya saat ini sedang menuju kepada sistem pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel. Untuk itu perlu didukung dengan sistem informasi statistik yang memadai, jujur dan juga akurat. Nagari statistik adalah bentuk implemntasi dari apa yang disebut dukungan data statistik yang akurat, terintegrasi, cepat dan mudah diakses. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *