Cairan Tak Berwarna Yang Menjadi Bagian Darah

Cairan tak berwarna yg menjadi bagian darah adalah plasma. Darah merupakan cairan yang berfungsi mendistribusikan oksigen dan zat-zat yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh. Komponen penyusun darah terdiri dari: sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma. Komponen darah tersebut ada yang memiliki warna dan adapula yang tidak memiliki warna. Seperti yang dijelaskan diatas tadi cairan tak berwarna yg menjadi bagian darah adalah plasma.

Cairan Tak Berwarna Yang Menjadi Bagian Darah

Plasma darah 90% nya terdiri dari air dan 10% sisanya merupakan zat-zat terlarut, itulah yang menyebabkan cairan plasma tidak memiliki warna. Molekul-molekul terlarut yang terdapat dalam cairan plasma darah meliputi glukosa sebagai sumber utama energi untuk sel-sel tubuh, protein, hormon, dan nutrisi lainnya. Plasma darah juga terdiri dari ion-ion, seperti natrium (Na+) dan klor (Cl-). Ion dan molekul tersebut akan diedarkan ke seluruh tubuh. Plasma darah juga terdiri dari garam, seperti magnesium, kalsium, potasium, dan sodium.

Baca Juga:  Proses Terjadinya Menstruasi dan Hormon yang Berperan

 

Protein yang terdapat dalam plasma darah terdiri dari fibrinogen, albumin, globulin. Sebagai informasi, plasma darah adalah komponen terbesar dari darah. Sekitar 60% dari darah merupakan plasma darah.

Plasma Darah memiliki fungsi sebagai:

  • Mengatur keseimbangan osmosis darah di dalam tubuh
  • Mengangkut sari makanan ke seluruh tubuh
  • Mengangkut sisa metabolisme dari jaringan tubuh
  • Bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah karena mengandung fibrinogen

Demikianlah penjelasan singkat dan ilmiah tentang cairan tak berwarna yg menjadi bagian daran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *