Caleg Syafrizal Ucok Terharu Dapat Dukungan Penuh Ninik Mamak Siguntur

Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah ketika berkampanye di Nagari Siguntur, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Jum'at (2/2/2024)..(Foto,/dok)

PESISIR SELATAN, mimbarsumbar.id — Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah merasa terharu atas solidnya dukungan masyarakat ketika berkampanye di Nagari Siguntur, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Jum’at (2/2/2024) petang.

“Saya terharu atas dukungan Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan Pemuda untuk kami. Dulu dalam Pilkada tahun 2010 dukungan Siguntur hampir 95 persen, namun pada saat itu Allah SWT belum berkehendak, gagal menjadi bupati dan faktanya Nagari Siguntua menderita karena tidak tersentuh pembangunan bertahun-tahun,” kata Syafrizal Ucok mengenang.

Karena itu, jika diamanahkan menjadi Anggota DPRD Sumbar nantinya atas dukungan warga Siguntur khususnya dan Pesisir Selatan umumnya, maka Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengatakan akan menebus “hutang” untuk membantu sepenuhnya pembangunan di Nagari Siguntur dan sekitarnya.

“Nagari Siguntur ini tidak akan terlupakan oleh Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah karena pernah lama bersentuhan dengan masyarakat Siguntur ketika berusaha di bidang kehutanan dan pertanian. Banyak tokoh-tokoh Siguntur yang kenal lama dengan kami,” kata Syafrizal Ucok, mantan Kadis PMD Sumbar.

Banyak hal yang bisa diprogramkan untuk pembangunan Nagari Siguntur, terutama di bidang pertanian, perkebunan, budidaya ikan air tawar, agrowisata dan usaha kuliner. Juga usaha kreatif di bidang kerajinan dan oleh-oleh untuk mendukung kegiatan pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain itu sejarah Nagari Siguntur juga perlu digali dan didokumentasikan secara baik. Banyak jejak sejarah Nagari Siguntur dapat dimanfaatkan sebagai aset dalam bidang pariwisata kedepannya. Ini tentu memerlukan dukungan dari akademisi dan tokoh-tokoh.

Nagari Siguntur selama ini dikenal sebagai penghasil gambir yang utama di Pesisir Selatan selain Kecamatan Sutera. Karena itu, potensi gambir ini harus dikelola dengan mendirikan Badan Penyangga Komoditi yang bisa melindungi produksi gambir dan komoditi lainnya hasil Nagari Siguntur dan Pesisir Selatan umumnya.

Tokoh masyarakat Siguntur, Ridwan mengatakan, bahwa dukungan masyarakat Siguntur kepada Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah didasari oleh rekam jejaknya selama ini yang selalu peduli kepada Pesisir Selatan hingga kini.

Selepas menjadi Wakil Bupati Pesisir Selatan periode 2005-2010, Syafrizal Ucok dalam posisi sebagai pejabat di Pemprov Sumbar selalu memberikan perhatian kepada kampung halamannya dengan program-program pembangunan khususnya bidang pemberdayaan dan pembinaan pemerintahan nagari.

“Sebagai Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan, Pak Datuak Nan Batuah selalu memberikan perhatian penuh kepada pelestarian dan kelembagaan adat di Pessel. Jika diamanahkan menjadi Anggota DPRD Sumbar tentu perhatian Pak Datuak Nan Batuah akan banyak kepada para penghulu adat yang ada,” kata Ridwan, mantan Wali Nagari Siguntur ini.

Pertemuan terbatas yang berlangsung di aula Kantor KAN Siguntur ini kemudian diisi oleh Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Syafrizal Ucok Dt Nan Batuah dengan memberikan paparan panjang lebar tentang Restorative Justice dan Perda Tanah Ulayat. (ms/*/ald)