Sumbar  

Dampingi Mensos RI Saat Upacara Santi Aji, Gubernur Mahyeldi: Tagana Manusia Istimewa

Gubernur Sumbar Mahyeldi mene ima piagam penghargaan dari Mensos Ri Tris Rismaharini..(Foto.dok/adpsb)

DHARMASRAYA, mimbarsumbar.id  — Sumatera Barat (Sumbar) sukses menghelat perayaan HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) tingkat Nasional ke-19 yang dipusatkan di Kabupaten Dharmasraya. Rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak awal Mei lalu ditutup dengan Upacara Santi Aji yang berlangsung khidmat dan meriah, Minggu malam, (28/05/2023).

Hadir mendampingi Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, melayangkan pujian untuk para Tagana, atas dedikasi dan keikhlasan dalam membantu masyarakat, terutama sekali dalam situasi kebencanaan.

“Tagana adalah manusia-manusia istimewa. Dalam setiap pelaksanaan tugasnya, Tagana rela dan ikhlas. Termasuk di Sumatera Barat, di mana Tagana selalu hadir saat masyarakat membutuhkan. Terlebih lagi di tengah situasi bencana. Baik itu bencana alam mau pun bencana sosial,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi berharap agar Tagana dapat mewariskan semangat kerelawanan kepada generasi muda, sehingga rasa peduli antar sesama semakin membudaya dan menjadi bahagian dari kehidupan masyarakat indonesia.

“Semoga Allah memberikan balasan yang berlipat ganda atas keikhlasan yang telah diberikan Tagana untuk masyarakat kita,” ucap Gubernur, yang dalam kesempatan itu juga menerima Penghargaan dari Mensos RI terkait dedikasinya dalam upaya-upaya penanggulangan bencana di Sumbar.

Sementara itu dalam arahannya saat memimpin Upacara Santi Aji, Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini, di hadapan ratusan utusan Tagana dari seluruh provinsi di Indonesia menyebutkan, jasa-jasa Tagana yang selalu hadir di tengah masyarakat, sangat patut untuk diapresiasi dan disyukuri. Terlebih, dedikasi mereka di tengah situasi kebencanaan.

“Saat kejadian bencana, Tagana rela berada di lapangan selama berhari-hari, meninggalkan keluarga dan pekerjaan, hanya untuk hadir membantu masyarakat, dan semua itu dilakukan tanpa pamrih,” ucap Mensos RI.

Bahkan, sambungnya, Tagana tidak hanya hadir di tengah situasi kebencanaan, melainkan juga hadir pada setiap kegiatan bakti sosial kemasyarakatan. Sebagaimana pada rangkaian peringatan HUT Tagana tingkat Nasional di Dharmasraya, yang diisi dengan berbagai agenda bakti sosial, seperti pembangunan Jembatan Gantung, Shelter Pengungsi, Rumah Sejahtera Terpadu (RST), hingga Pembangunan Taman Lansia, yang seluruhnya dikerjakan secara gotong royong oleh Tagana utusan dari seluruh Indonesia.

“Terima kasih Tagana, atas jasa-jasamu kepada masyarakat. Selamat Ulang Tahun Tagana, teruslah berbuat, lanjutkan tugas suci dan mulia ini,” ucapnya lagi. (ms/adpsb)