Sumbar  

Dapur Umum Pemprov Sumbar Mulai Beroperasi Bagi Korban Banjir Pessel

PESSEL, mimbarsumbar.d –Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah mengoperasikan dapur umum di Pasar Barung-Barung Belantai, Pesisir Selatan (Pessel), untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga terdampak bencana di sekitar kawasan tersebut.

Pengoperasian dapur umum dilakukan setelah Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, menyisiri titik-titik kawasan terdampak banjir dan longsor di kabupaten tersebut.

“Pesisir Selatan menjadi salah satu fokus penanganan kita saat ini, karena memang dampak daripada banjir dan longsor di daerah ini cukup parah. Kebutuhan konsumsi warga dan penyaluran bantuan kita utamakan, termasuk dengan mendirikan dapur umum melalui Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat,” ujar Gubernur Mahyeldi usai menyisiri dampak banjir di Pessel.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumbar, Syaifullah menyebutkan, pengoperasian dapur umum telah dimulai sejak pagi hari di dekat Masjid Raya Pasar Barung-Barung Balantai. Tim dapur umum lapangan (dumlap) dari Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) serta anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sumbar telah mulai memasak dan menyalurkan makanan bagi warga terdampak banjir dan longsor.

“Berdasarkan arahan Bapak Gubernur, pagi ini kita sudah mulai memasak dan menyalurkan konsumsi kepada masyarakat dari dapur umum kita. Trip pertama masakan yang disalurkan itu sudah mencapai lebih dari 400 bungkus. Ini akan terus kita tambah sesuai dengan kebutuhan dan permintaan yang masuk,” ucap Syaifullah didampingi Ketua Tim Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinsos Sumbar, Muslimin di Baruang-Baruang Balantai.

Penyebaran konsumsi dari dapur umum Pemprov Sumbar, kata Syaifullah, akan dilakukan secara bertahap dan diusahakan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan. Untuk itu, Dinsos Sumbar juga menurunkan dua unit mobil double garda dan beberapa unit motor lapangan untuk mempercepat proses penjemputan/penyediaan bahan makanan serta proses pendistribusian makanan kepada masyarakat.

“Selain dapur umum, kita juga terus berkoodinasi dan siaga di gudang logistik Dinsos Sumbar, untuk melayani penyaluran bantuan bagi masyarakat. Komunikasi dengan pihak kementerian melalui balai, serta dengan berbagai pihak lain terus kita lakukan. Saat ini Bapak Gubernur juga sedang menerima kunjungan beberapa pihak di Istana Gubernuran, untuk menerima bantuan guna mendukung upaya Pemprov Sumbar dalam penanganan dampak banjir kali ini,” ucap Syaifullah. (ms/adpsb/isq)