Dari Independen ke Parpol, Perjalanan Berliku FaGe Menuju Pilkada Sumbar

Padang, Mimbar — Perjalanan berliku dilalui pasangan Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar untuk bisa masuk bursa Pilkada Sumbar. Tekad awal maju lewat jalur perseorangan, hingga akhirnya terselamat dengan kehadiran koalisi tiga partai, Golkar, PKB dan Nasdem yang menamakan Koalisi Poros Baru. FaGe pun akhirnya ditetapkan sebagai Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2021-2026.

Diawali perjuangam memenuhi syarat KTP Elektronik, semua pendukungan bergerak mewujudkan Fakhrizal-Genus menjadi Calon Independen pertama di Pilkada Provinsi Sumbar, walau akhirnya tersandung oleh jumlah KTP.

“Maju di jalur perseorangan bersama Pak Genius Umar sebagai usaha keinginan merekat perbedaan bersatu untuk Sumbar maju,” ujar Irjen Fakhrizal waktu dulu itu.

Semua bergerak bantu Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar (FaGe) mengumpulkan KTP yang harus diperoleh 300.00 ribu KTP lebih. Singkat cerita KTP dukungan terkumpul melebih batas minimal syarat Calon Perseorangan Pilkada Sumbar.

“semua ready dan oke kita melangkah mendaftar ke KPU Sumbar awal 2020 lalu, masuk tahap verifikasi faktual KPU model sensus, kita berpolemik di sini. Hasilnya FaGe dibanned karena banyak E KTP tidak terverifikasi meski saya dan Pak Fakhrizal tidak percaya. Tapi palu gagal sudah diketok penyelenggara. Kami berjuang lewat mekanisme yang ada tapi hasilnya tetap, namun pendukung tetap setia dan tetap loyal apapun keputusan FaGe di Pilkada Sumbar,” ujar Genius Umar merevisi perjalanan berliku menuju konstestasi Pilkada Sumbar 2020.
Pemicu FaGe tetap semangat adalah semangat loyalis kaum independen Sumbar, masih adakah kapal Parpol mau mengusung FaGe untuk menuntaskan amanah kaum independen Sumbar maju lewat jalur Parpol.

Baca Juga:  Perindo Siap Menangkan FaGe di Pilkada Sumbar

“Ada Poros Baru yang membuka pendaftaran calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, Pak Fakhrizal ingin ikut, satu yang digaransi pasangannya harus Pak Genius Umar, kalau tidak ya nggak jadi maju, ini soal komitmen dan amanah pendukung kami di Saat berjuang di independen dulu, akhirnya saya dan pak Fakhrizal mendaftar berdua ke Poros Baru,” ujar Genius.

Singkat cerita di jalur sempit perebuatan tiga dan empat Parpol FaGe bahu-membahu meyakini petinggi Parpol di tingkat pusat.

“Ada harapan kami diusung empat Parpol yaitu Golkar, Nasdem, PDI Perjuangan dan PKB, kami bersyukur dapat kabar itu tapi belum yakin penuh karena politik itu dinamis dan selalu ada kejutan di last minute,” ujar Genius Umar.
Ternyata iya, ada turbulance politik saat dua hari tahapan pendaftaran Bapaslon ke KPU Sumbar, dua Parpol fix usung FaGe Partai Golkar dan Nasdem, PDI Perjuangan putuskan ke Paslon lain, PKB juga demikian.

“Doa kami dan semua FaGe Lovers yang bisa dilakukan terjadap kondisi turbulance itu, hitungannya hanya jam, gagal dapat satu Parpol lagi maka batal mendaftar ke KPU, Kamis malam kabar datang dari DPP PKB, surat keputusan awal dicabut diganti keputusan mengusung ke FaGe, sehingga itu doa adalah super power dalam hal ini, kalau Allah sudah gariskan tidak ada kekuatan yang bisa menghapusnya,” ujar Genius.

Baca Juga:  Caleg Perempuan Hanura Siap Lahir Bathin

AKhirnya FaGe mendaftar di hari Minggu di bawah siraman matahari yang tidak menyengat, FaGe diantar Parpol pengusung dan relawan sesuai ketentuan protokol kesehatan mendaftar ke KPU.

“Allhamdulillah sejak mendaftar justru Parpol pengusung semakin solid bahkan Parpol pendukung pun berdatangan ada PBB, Hanura, Perindo dan Partai Berkarya serta PKPI, lalu gelombang kelompok relawan independen yang tercatat sampai Rabu (23/9) sebanyak 27 kelompok relawan, tanpa mahar semua spontan dan danai sendiri perjuangan menang FaGe,” ujar Genius Umar.

Rabu siang,  KPU memutuskan pada pleno, bahwa Fakhrizal-Genius Umar disahkan sebagai Cagub dan Cawagub Sumbar bersaing merebut suara pemilih Sumbar dengan tiga Paslon lain, Mahyeldi-Audy, Nasrul Abit-Indra Catri dan Mulyadi-Ali Mukhni.

“Allhamdulillah hari ini FaGe sah menjadi Paslon terima kasih Parpol pengusung dan pendukung serta relawan dan seluruh masyarakat Sumbar yang mendoakan kami melewati jalan berliku maju di Pilkada Sumbar. Besok (Kamis) dilakukan pencabutan nomor urut, 26 September kampanye, di sinilah titik perjuangan awal dimulai untuk merangkai Bersatu untuk Sumbar Maju,” ujar Genius Umar.
(ms/rls/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.