Dari Summer Course: UITM Malaysia Kolaborasi dengan Prodi Tata Boga FPP UNP

Kegiatan Summer Course UiTM yang berkolaborasi dengan prodi Tata Boga FPP UNP, Selasa, 2 Juli 2024. (foto/hms)

PADANG, mimbarsumbar.id — Program Studi Tata Boga Departemen Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar “The Secret Recipe of Authentic Laksa Malaysia” yang menampilkan salah satu jenis makanan khas Malaysia yakni laksa yang otentik.

Acara yang merupakan rangkaian kegiatan Summer Course UiTM yang berkolaborasi dengan prodi Tata Boga FPP UNP, hadir pimpinan dari Fakultas Pariwisata dan Perhotelan yakni; Wiwik Gusnita, S.Pd., M.Si (Ketua Program Studi Seni Kuliner), Feri Ferdian, S.ST., M.M., Ph.D (Ketua Departemen Manajemen Perhotelan). Dosen senior prodi tata boga yakni; Dr. Elida, M.Pd , Dra. Lucy Fridayati, M. Kes, serta seluruh staf dosen dan tendik program studi Tata Boga

Kegiatan yang diadakan di Kitchen Laboratory program studi Tata Boga tersebut menampilkan hidangan laksa yang merupakan mie berkuah yang populer di Malaysia dan memiliki variasi berdasarkan olahan mie nya.

Kegiatan ini dimulai dari penjelasan riset dan eksplorasi untuk menemukan bahan dan teknik tradisional, hingga pengumpulan dan persiapan bahan-bahan seperti santan, udang kering, dan pasta kari.

Di samping itu dijelaskan bagaimana Proses memasak dengan mengikuti resep secara teliti, mulai dari memasak kaldu hingga menambahkan bumbu yang tepat oleh Chef Dr Nik Mohd Shahril Nik Mohd Nor (Department of Culinary Arts and Gastronomy, UiTM Cawangan Pulau Pinang) Laksa kemudian disajikan dengan presentasi tradisional yang menarik, dan Para dosen dari UiTM mengundang dosen prodi tata boga FPP UNP untuk menikmati hidangan sambil merasakan keunikan dan sensasi dari makanan tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan warisan kuliner tradisional Malaysia dengan menjaga dan mendokumentasikan resep asli

Laksa Malaysia yang otentik, memperkaya kurikulum dengan fokus pada keanekaragaman kuliner. Selain itu, kegiatan ini memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kulinari dalam memasak dengan bahan-bahan tradisional Malaysia, serta memperluas wawasan mereka terhadap warisan budaya global.

Dengan mempromosikan kekayaan kuliner Malaysia, institusi juga dapat membangun kolaborasi yang berarti dengan industri kuliner lokal dan memperkuat reputasi sebagai pusat pendidikan yang berkomitmen pada inovasi dan apresiasi terhadap budaya makanan.

Disamping itu bagi program studi Tata Boga FPP UNP laksa tersebut dapat diimplementasikan kreativitas dan inovasinya sebagai salah satu menu makanan yang dapat dibuat dalam mata kuliah makanan oriental ataupun gastronomi. Dengan suksesnya acara ini, diharapkan dosen dan mahasiswa semakin termotivasi untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam industri kuliner, khususnya dalam mengangkat makanan khas daerah ke kancah nasional dan internasional (ms/*/ald)