Dekan FMIPA UNP Buka Workshop Merancang Pembelajaran IPA di SMP

Foto bersama guri guri SMP bersama Dekan FMIPA, Dr. Yulkifli. foto.dok

Padang, Mimbar — Dekan Fakultas Matematika Ilmu Pengwtahuan Alam (FMIPA) UNP Dr. Yulkifli, MSi, Sabtu (24/8/2019) lalu, membuka Workshop “Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA SMP Kota Padang Dalam Merancang Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lingkungan”

“Kepada peserta workshop diharapkan menjadi agen yang dapat menularkan kompetensinya ke 320 guru IPA SMP lainnya di Kota Padang,” ujar Dekan Yulkifli pada Workshop yang dilaksanakan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Fisika.

Bertempat di Kampus FMIPA UNP, workshop diikuti oleh 20 orang guru IPA SMP Kota Padang, karena ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kegiatan PkM hanya melibatkan sekolah-sekolah mitra.

“Benar Tim PkM Jurusan Fisika FMIPA UNP berkerjasama dengan MGPM IPA SMP Kota padang telah melaksanakan workshop berbasis masalah untuk meningkatkan kompetensi guru-guru IPA SMP Kota Padang dalam merancang pembelajaran IPA berbasis potensi lingkungan,” ujar ketua tim PkM tersebut, Dr Fatni Mufit didampingi anggota tim lainnya Dr Desnita, MSi dan Fandi Oktasendra, MSc, Selasa (27/8/2019)

Baca Juga:  UNP Sukses Tuan Rumah Forum Rektor Indonesia 2019

Pada kesempatan itu, Ketua Jurusan Fisika Dr.Ratna wulan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan PKM ini merupakan salah satu dari bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh staf pengajar Jurusan Fisika. Kegiatan PKM ini bisa dijadikan sebagai wadah untuk mengaplikasikan hasil-hasil penelitian langsung kepada masyarakat sehingga dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kompetensi guru-guru IPA SMP kota Padang.

Menurut Dr. Fatni Mufit, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk menggali potensi lingkungan sebagai objek sekaligus media dan sumber pembelajaran IPA dengan harapan terciptnya pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik abad 21.

Baca Juga:  14 November, Seminar ISSIM 2019 Bahas Sistem Sensor dan Pengukuran Metrologi

Sementara Ketua MGMP IPA SMP Kota Padang Taufik Hendra, SPd mengatakan dengan adanya kegiatan workshop ini, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini menjawab kebutuhan guru-guru IPA yang dirasa masih sangat perlu untuk meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan potensi lingkungan sebagai media pembelajaran.

Sebagai pemateri pada kegiatan workshop Dr.Desnita MSi menekankan bahwa perangkat pembelajaran berbasis potensi lingkungan mampu memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di abad emasini; yaitu Critical Thinking and Problem Solving, Creative Thinking, Collaboration, Cooperation, dan ICT Literacy (4C+1I). Melalui pembelajaran tersebut, ingin diciptakan generasi millennial yang memiliki komptensi yang dibutuhkan di era industry 4.0. (ms/age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *