Di Hadapan Presiden, Bupati Sutan Riska Kobarkan Semangat Membangun Optimisme dan Menggalang Soliditas Daerah

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. foto.dok

Catatan: Budi Waluyo (Kabag Organisasi, Setda Kabupaten Dharmasraya)

Saat Bupati Sutan Riska berpidato menyuarakan tekat daerah untuk Indonesia maju, saya bersama para kepala Bagian dan Kasatpol PP Syafruddin, S.Sos memilih untuk mengikuti secara online di sebuah warung kopi di komplek JCC. Maklum, kami tidak bisa ikutan langsung, sebab acara pembukaan Apkasi Otonomi Expo itu dilakukan di Istana Bogor.

Ketua Apkasi yang juga Bupati Dharmasraya saat berpidato di hadapan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri. foto.dok

Dari video youtube kami menyimak dengan seksama acara pembukaan yang langsung dihariri orang nomor wahid di republik ini. Kami juga menyaksikan pak Mendagri Tito Karnavian dan juga Menseskab mas Pramono Anung ikut hadir mendampingi presiden Indonesia ke tujuh meresmikan pembukaan Apkasi Otononi Expo.

Dalam video berdurasi lebih setengah jam itu, saya mendengar dengan jelas bagaimana Ketum Apkasi Sutan Riska menyampaikan langkah langkah untuk membuka pintu investasi bagi semua daerah guna membangkitkan ekonomi nasional ditengah deraan pandemi covid 19.

Baca Juga:  Cegah Penularan Covid-19, Seluruh Pegawai Pemkab Dharmasraya di Rapid Tes

Pernyataan Bupati Dharmasraya itu memberikan rasa optimis dalam dunia perekonomian nasional, di saat dunia usaha mengalami kelesuan akibat didera pandemi covid 19 selama dua tahun terakhir ini.

Rasa optimisme ini menjadi penting untuk menggairahkan semua pelaku usaha, agar secara sinergis bangkit dari keterpurukan. Berbagai sektor usaha sesungguhnya punya peluang yang besar untuk berkembang. Dibutuhkan semacam aba aba agar terwujud sinergitas dalam kebangkitan ekononi ini.

Dalam analisa Ketum Apkasi Sutan Riska, ada banyak peluang investasi di daerah. Secara global, sosok yang disebut sebut masuk bursa calon presiden dalam deretan kader PDI P itu mengemukakan saat ini daerah terbuka bagi investasi di bidang pengolahan pakan ternak, penangkapan dan budidaya ikan, sumber energi tenaga mikrohidro, pengembangan resort dan perhotelan, dan juga pengembangan pengolahan komoditi karet dan kelapa sawit.

Baca Juga:  Ketua DPRD Apresiasi Penanganan Covid-19 di Dharmasraya

Terhadap penjelasan Ketum Apkasi, Presiden Jokowi langsung menyampaikan rasa salutnya kepada Sutan Riska yang sudah menyampaikan aspirasi daerah dalam mbangkitkan ekonomi nasional. Kata pak Jokowi, apa yang dilakukan daerah sudah selaras dengan keinginan pusat untuk segera membangkitkan perekonomian nasional setelah dua tahun didera covid berkepanjangan.

Presiden yang sudah dua periode masa jabatan ini kemudian menyilahkan kepada daerah untuk memanfaatkan peluang ekspor yang ada. Saat ini ekspor Indonesia ke manca negara meningkat sekitar 37 persen setiap tahun. Negara negara maju sedang membutuhkan berbagai komoditi dari Indonesia, seperti nikel, batu bara bahkan berbagai produk industri yang dihasilkan oleh UMKM semuanya laku di pasar ekspor.***

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.