Di Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pertamina Dapat Penghargaan Dari Gubernur Sumbar

 

PADANG, mimbarsumbar.id – Upaya terus-menerus dalam mendukung pelestarian lingkungan, PT. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Teluk Kabung menerima penghargaan bergengsi dari Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P., bertepatan dalam Peringati Hari Lingkungan Sedunia tahun 2024 Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar hari, Rabu (12/6-2024) di Mesjid Sirah, Muaro Mati Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Penghargaan ini juga sebagai apresiasi untuk komitmen Pertamina meningkatkan kualitas lingkungan dari operasional perusahaan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, S.Sos., M.M, sekaligus menjadi Tuan Rumah acara tersebut ungkapkan apresiasinya.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Teluk Kabung atas dedikasinya dalam menjaga lingkungan melalui langkah konkret yang diambil oleh Pertamina dalam mengurangi jejak karbon dan melindungi ekosistem kami adalah contoh yang harus diikuti oleh perusahaan lain.” Ujar Bupati Agam.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penanaman pohon mangrove dan cemara laut sebanyak 500 buah di wilayah sekitar pantai Muaro Mati Tanjung Mutiara

Area manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, menegaskan komitmen Pertamina menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Penghargaan ini mendorong kami untuk terus meningkatkan kinerja lingkungan kami dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Sumatera Barat. PT. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Teluk Kabung telah melaksanakan berbagai inisiatif lingkungan, seperti penggunaan energi terbarukan, pengurangan emisi gas rumah kaca, dan penanaman ribuan pohon di sekitar wilayah operasionalnya.” Ungkap Susanto

Langkah-langkah ini sejalan dengan komitmen global perusahaan untuk berkontribusi pada upaya mitigasi perubahan iklim.

Kegiatan ini masuk kedalam Sustainable Development Goals (SDGs) 13, 14,15, yaitu penanganan perubahan iklim, menjaga ekosistem laut, dan menjaga ekosistem darat. Dampak perubahan iklim telah terasa. Oleh karenanya diperlukan aksi untuk meminimalisir resiko pemanasan global dimasa akan mendatang dengan berlandaskan prinsip keadilan.

Penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Sumatera Barat menjadi momentum penting bagi PT. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Teluk Kabung untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak demi mencapai tujuan bersama dalam pelestarian lingkungan hidup. (ms/*/ald)