Dies Natalis Ke-42 FIB Unand, Eva Najma: Momen Bersejarah Perjalanan Fakultas 

 

PADANG, mimbarsumbar.id — Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) bersiap merayakan Dies Natalis ke-42. Dalam upaya untuk menyambut perayaan tahunan ini, FIB telah mengadakan rapat persiapan perayaan yang menjadi momen bersejarah bagi Fakultas.

Ketua Pelaksana Dies Natalis FIB tahun Eva Najma mengatakan, tema Dies Natalis ke-42 adalah ‘Pusako Kato Warih Bajawek: Menggali Kekayaan Budaya Minangkabau Dalam Rangka Merajut Kebhinekaan’.

Disebutkan, tema ini menjadi pilihan karena Usia Fakultas yang awalnya bernama Fakultas Sastra sudah berusia 42 tahun, usia yang tidak lagi muda jika disamakan dengan usia manusia.

“FIB dengan keberagaman yang ada telah memiliki 9 prodi dan sebagai fakultas yang berbasis budaya, tentu memiliki tanggung jawab untuk senantiasa menjadi model dalam upaya mempertahankan budaya,” tambahnya.

Eva juga menyatakan harapan, agar Dies Natalis nantinya menjadi momen yang bermakna dan menginspirasi bagi semua masyarakat FIB dan Unand khususnya, dan juga masyarakat pada umumnya.

“Kita berharap agar peringatan Dies Natalis terus menjadi ajang untuk merayakan pencapaian dan perkembangan, memperkuat ikatan komunitas, serta mendorong pertumbuhan pribadi dan akademik di FIB khususnya. Harapannya FIB terus berkembang dan selalu menjadi referensi bagi masyarakat luas, terus menumbuhkan bibit-bibit unggul generasi bangsa yang terbaik dan tetap menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menimba ilmu. Dan momentum ini juga untuk introspeksi diri bagi kita semua. Semoga perjalanan FIB ke depan memperoleh keberkahan dan kesuksesan yang menyertai setiap langkah. Jayalah selalu FIB-ku,” sebut Eva antusias.

Selain acara puncak, ada Orasi Ilmiah yang akan disampaikan oleh DR. Elly Delfia SS. M.Hum, pada 7 Maret 2024 serta beberapa acara lain memeriahkan Dies Natalis FIB Unand tahun ini, yaitu Unand Berpuisi dan Fun Games (FIB Seru seruan) yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2024.

“Orasi Ilmiah bertempat di ruang seminar fakultas, dan Unand Berpuisi serta FIB Seru-Seruan dilaksanakan di latar parkiran FIB,” sebutnya lagi.

Dalam memeriahkan agenda tahunan FIB ini, panitia juga telah mempersiapkan strategi pemasaran dan promosi yang intensif untuk menarik perhatian mahasiswa, dosen, alumni, serta masyarakat umum.

Sementara, Wakil Dekan I FIB Unand Ike Revita menyatakan optimis dan antusias dalam menjalani persiapan Dies Natalis ke-42 ini. Dia berharap perayaan ini akan menjadi momentum yang berkesan bagi seluruh sivitas akademika dan masyarakat luas.

“Semoga FIB akan menjadi lebih baik lagi ke depannya. Apa yang menjadi visi dan misi FIB itu (semoga) bisa terpenuhi. Semoga FIB semakin maju dan semakin jaya,” sebut Ike Revita.

Disampaikan juga, tahun ini, yang menjadi target utama dari program kerja Dekan sendiri adalah terkait dengan kerja sama dan publikasi.

“Jadi, kami akan memperbanyak kerja sama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri, kemudian kami juga akan fokus meningkatkan publikasi dosen sehingga reputasi-reputasi dan karya-karya dosen ini bisa dikenal di dalam dan di luar negeri, karena semua kegiatan sudah berbasis kepada yang namanya indikator kinerja utama. Alhamdulillah, pada tahun 2023 yang lalu, FIB sudah menorehkan prestasi terkait dengan salah satu IKU yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa di luar kampus, yaitu kegiatan MBKM. FIB termasuk fakultas yang pemuncak mahasiswanya mengikuti MBKM khususnya Credit Earning. Hal ini juga salah satunya dipacu oleh adanya Konsorsium FIB se-Indonesia, yang mempermudah dan mempersingkat proses implementasi dari kerja sama itu sendiri. Di setiap semester, jumlah mahasiswa yang berangkat mengikuti Credit Earning dari hasil Konsorsium serta kegiatan MBKM lainnya juga meningkat,” urai Ike. (ms/*/ald)