Dipercaya Pimpin Sumbar, Fakhrizal-Genius Janjikan Satu Miliar Tiap Kecamatan per Tahun

PARIAMAN, MIMBAR – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub/Cawagub) Sumbar 2021-2026 dari jalur independen, Irjen Fakhrizal-Dr. Genius Umar menjanjikan dana satu miliar per kecamatan untuk seluruh kecamatan di Sumbar. Dengan dana yang dikelola langsung oleh kecamatan itu, maka dapat digunakan untuk percepatan program infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Tugas gubernur menyiapkan regulasinya, teknis pengelolaannya agar dana satu miliar tiap kecamatan itu dapat dikelola dengan baik dan benar untuk pembangunan dan pemberdayaan maayarakat,” ungkap Genius Umar kepada media, Kamis (2/7/2020) di kediamannya.
Dengan bantuan dana satu miliar per kecamatan per tahun, lanjut Doktor Lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) ini, maka tak hanya bangunan fisik yang bisa terselesaikan, tapi juga persoalan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.
“Termasuk untuk peningkatan SDM anak-anak di kecamatan dengan program Satu Rumah Satu Sarjana, yang ditujukan bagi anak-anak keluarga miskin yang berprestasi tapi tidka punya biaya untuk menguliahkan anaknya. Jadi, dengan satu miliar per kecamatan ini banyak persoalan pembangunan bisa teratasi,” papar Genius sang Walikota Pariaman yang visioner ini.
Soal sumber dananya, lanjut Genius, Sumbar memiliki 159 kecamatan, total anggaran yang dibutuhkan hanya 159 miliar per tahun. Dengan APBD Sumbar saat ini lebih dari 6,5 triliun, maka alokasi anggaran untuk program satu miliar tiap kecamatan ini tak akan memengaruhi postur APBD yang ada.
“Apalagi bila kita bisa menggenjot pendapatan dari sektor lain, maka angka 159 miliar itu jadi sangat kecil, tapi dampak pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial kemasyarakatannya sangat besar. Saya yakin, program ini sangat mudah dilakukan. Percayalah,” ucap Genius. (ms/ald)

Baca Juga:  Sosialisasi Empat Pilar MPR, Alirman Sori: Pemuda Harus Jadi Pelopor Perubahan

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.