Dishut Sumbar Serahkan Bantuan Bibit Kepada Kelompok Tani Hutan di Bonjol Pasaman

Pasaman, Mimbar — Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat menggiatkan perhutanan sosial dengan Penyerahan Bibit kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Wahana Sejahtera. Dihadiri anggota kelompok dan pegawai Dishut Sumbar serta diserahkan langsung Kepala Dishut, Yozarwardi.

Sekitar 20.000 batang bibit surian, durian, kemiri, pinang, alpokat dan kayu manis diserahkan kepada anggota KTH Wahana Sejahtera yang merupakan bibit produktif hasil Kebun Bibit Rakyat (KBR) di Ganggo Hilia Bonjol Pasaman.

Penyerahan berlangsung di Kenagarian Ganggo Mudiak, Pasaman, Sabtu (17/10/2020).

Ada antusias yang tinggi masyarakat KTH Wahana Sejahtera. Salah satu komentarnya, dengan adanya bantuan bibit ini sudah bisa “Tasasak Piti Lari Ka Parak”, artinya bila bila terdesak kebutuhan karena tidak ada uang, maka masuk ke kebun atau ladang untuk mengambil hasilnya

Baca Juga:  Bupati Yusuf Lubis Terima CSR Bidang Pendidikan dari Bank Nagari

“Dengan adanya ladang hasil bantuan bibit Dishut, sudah bisa jika didesak kebutuhan pergi ke ladang, “Jikok nanti tasasak piti buliah lari ka Parak, tapi jangan dijua paraknyo” celetuk seorang anggota KTH dan kamipun tertawa semua,” demikian kalimat yang disampaikan seorang anggota KTH Wahana Sejahtera kepada Kadishut Yozawardi.

Menurut Yozarwardi, pembagian kepada anggota kelompok seuai aturan yang ditetapkan bersama oleh kelompok, bahwa bibit akan dibagikan kepada anggota kelompok dan masyarakat yang terdaftar, apabila lobang tanam telah disiapkan.

“Ekspektasinya adalah bibit yang diterima akan langsung ditanam di lahan yang sudah disiapkan, lobang tanam juga sudah siap. Disaat bibit pohon tumbuh dan sudah menghasilkan, maka dapat menjadi penyangga ekonomi rumah tangga masyarakat sekitar hutan,” ungkap Yozarwardi, alumni IPB ini.

Baca Juga:  WR I UIN IB Terima Kembali Mahasiswa KKN dari Camat Tigo Nagari

Yozarwardi berharap bibit yang dibagikan akan memberikan manfaat bagi masyarakat, baik manfaat jangka pendek memperoleh upah kerja sebagai bentuk recovery ekonomi maupun manfaat jangka panjang menghasilkan buah, kulit, biji, daun dan kayunya. (ms/age)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.