Dr. Andani : Ayo Nagari dan Kelurahan, Sediakan Rumah Aman Covid-19 bagi Wanita Hamil

Padang, Mimbar — Masa pandemi Covid-19, banyak rumah sakit yang memproses kelahiran bagi wanita hamil menerapkan prosedur harus swab sebelum menangani persalinan.

Kabarnya penanganan seperti itu justu menimbulkan masalah lain bagi ibu dan bayi yang dikandung. Mengantisipasi itu, Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi (PDRPI) Fakultas Kedokteran Unand, dr. Andani Eka Putra minta semua pihak peduli soal wanita hamil di swab jelang melahirkan di rumah sakit.

“Saya lihat itu tidak efektif justru menimbulkan kekhawatiran baru bagi ibu dan anak yang dikandungnya,” ujar Andani Eka Putra, Rabu (21/10) di Padang.

Baca Juga:  DKK Padang : Lingkungan Adzkia Bebas Tubercolosis

Menurut Andani, sudah saatnya dalam kondisi tingkat penularan covid-19 masih tinggi, nagari di Sumbar atau kelurahan di perkotaan menyiapkan Rumah Aman.

“Rumah Aman itu bagian dari Nagari Tageh, dia digunakan untuk memberikan rasa aman kepada wanita hamil,”ujarnya.

Dan setelah hasil swab negatif, ibu hamil dipindah ke rumah aman..hingga jadwal persalinan

“Di Rumah Aman itu nanti ada mahasiswa yang ditugaskan mengelolanya. Mahasiswa tersebut tentu yang berdomisili di nagari atau lingkungan sekitar Rumah Aman, operasional Rumah Aman sepenuhnya mengikuti ketentuan di protokol covid-19” ujar Andani. (ms/rls/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.