Dr. Rika Sabri: FIK Unand Bina Usia Pra Lansia Agar Tetap Produktif

Program pengabdian maayarakat FIK Unand di Padang. foto.dok

Padang, Mimbar — Siang hari yang terik tidak memupus semangat ibu ibu pra lansia di daerah Aeberang Kobayan Jalan Siti Nurbaya untuk mengikuti pelatihan memasak kue. Kegiatan ini diadakan tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Andalas (Unand) yang diwakili Koordinator Program Studi Dr. Rika Sabri.,S.Kp., M.Kes. Sp.Kep.Kom, Senin (15/11/21).

Kegiatan rutin pengabdian masyarakat ini mengambil tema “pemberdayaan kelompok usia pra lansia menuju usia lansia agar hidup sehat dan bahagia”. Kegiatan yang dilakukan selama 2 hari ini diikuti sekitar 30 orang yang terbagi dalam 3 kelompok ibu ibu.

Rika Sabri menuturkan kegiatan di hari pertama diisi dengan edukasi mengenai kesehatan dan persiapan usia pra lansia menuju usia lansia.

Baca Juga:  Remaja Ini Masuk Rumah Sakit Jiwa Gegara Kecanduan Game Online

“Topiknya itu bagaimana menghadapi perubahan pada usia menjelang lansia baik secara fisik maupun psikologis sehingga mental dan jasmani tetap stabil di usia lansia,” tutur Rika.

Lebih lanjut Dosen Ilmu Keperawatan Unand ini berharap dengan adanya kegiatan ini ada output yang didapat yaitu bagaimana nantinya ibu ibu disaat usia lansia bisa mandiri tidak tergantung pada orang lain karena memiliki sudah keterampilan sendiri.

“Sehingga pada usia lansia, mereka bisa tetap produktif, mandiri dan tetap memiliki semangat yang tinggi dalam melakukan semua aktifitasnya,” ujarnya.

Adapun alasan Rika memilih lokasi tersebut sebagai tempat pemberdayaan ibu ibu usia pra lansia adalah karena tempat itu sejak tahun 2009 sudah termasuk wilayah binaan Ilmu Keperawatan Unand.

Baca Juga:  Kementerian PUPR Siapkan 3 Tower Tambahan Wisma Atlet Kemayoran untuk RS Darurat COVID-19

“Mengingat masyarakat disini selalu antusias dan semangat untuk mengikuti pembinaan dari kita, mulai dari anak balita sampai sekarang pra lansia, menarik sih, semangat mereka luar biasa dan selalu mau belajar,” tutur Rika.

Salah satu peserta pemberdayaan pengabdian masyarakat, ibu Venny mengatakan sangat senang sekali dengan kegiatan ini karena banyak ilmu dan wawasan yang didapat secara gratis dari ahlinya.

“Saya sangat senang dengan kehadiran ibu Rika disini mau memberikan kami ilmu dan pengetahuan yang sangat bermanfaat sekali terutama mengajarkan bagaimana membuat kue pai fla ini sehingga bisa juga untuk menambah nambah pemasukan nantinya,” ujar Venny. (ms/mon)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.