Dua Pansus DPRD Agam Mulai Bahas Tatib

Lubuk Basung, Mimbar — Dua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Agam yakni Pansus Tata Tertib dan Pansus Kode Etik menggelar rapat perdana guna untuk menyusun jadwal untuk pembahasan dua Pansus tersebut. Rapat yang dilaksanakan Hotal Basko Padang, Sabtu (28/9).

Kedua rapat tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Agam Novi Irwan, Wakil Ketua Irfan Amran, Anggota Pansus, Sekretaris DPRD Agam Indra, dan Kabag Hukum Persidangan Heriwardati serta pendamping pansus.

Ketua Pansus Tata Tertib, Feri Adrianto mengatakan pembahasan tata tertib berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, kabupaten dan kota.

Baca Juga:  2.000 Keramba Akan Diangkat dari Danau Maninjau

Sementara itu, diruangan yang berbeda, Ketua Pansus Kode Etik, Syaflin mengatakan pembahasan tersebut dilakukan karena kode etik merupakan pedoman bagi 45 orang Anggota DPRD Agam yang nantinya akan menjadi acuan bagi anggota dewan untuk melaksanakan dan menjalankan kinerja kedewanan,

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Agam, Novi Irwan, memberikan apresiasi kepada masing-masing Pansus karena dengan padatnya jadwal kedewanan, namun pansus tetap berkerja dengan maksimal.

Ia berharap pembahasan tata tertib dan kode etik tersebut cepat dituntaskan sehingga dapat diterapkan di DPRD.

“Tata tertib dan kode etik dewan sangat penting segera diselesaikan, sebab itu merupakan kitabnya DPRD dalam melaksanakan setiap kegiatan berikutnya,apabila kedua aturan tersebut selesai Badan kehormatan DPRD dalam melakukan pengawasan terhadap anggota DPRD akan mudah karena di dalam tatib dan kode etik telah diatur beberapa tugas dan fungsi dewan” ujarnya. (ms/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *