Dubes Busyra: Musik Bisa Mengubah Nasib Anak-anak Jalanan Ethiopia

ADDIS ABABA, MIMBAR a – Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur mengatakan pemuda berkemampuan mengubah sekelilingnya jika mau berperan dalam perkembangan sebuah negara.

“Pemuda adalah kunci dari perkembangan sebuah negara, pemuda memiliki peran dan kemampuan untuk mengubah sekelilingnya. Hal itu dibuktikannya ketika seorang musisi Ethiopia bernama Liyuneh Tamirat yang sukses mengubah nasib anak-anak jalanan di Ethiopia melalui musik,” kata Busyra, Ahad (25/10/2020).

Dijelaskannya Liyuneh, sebelumnya adalah anak jalanan yang tinggal di lorong-lorong, tidur di pinggir jalan, yang pekerjaanya tidak menentu bersama temanya-temanya sesama anak jalanan.

Baca Juga:  Ben Asril Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Angkatan 92 IKASMA-2 Padang

“Ketika dia bercerita dengan saya, saya ikut meneteskan air mata, sedih. Terharu bukan saja karena kehidupan masa lalunya, tetapi juga pada komitmennya yang sangat kuat untuk bangkit dan keluar dari situasi yang serba tidak menentu itu,” ucapnya.

Dia menuturkan, Liyuneh terus bertekad untuk mengubah kehidupannya. Ia lalu melanjutkan pendidikannya di sekolah musik, dan berhasil mendapat gelar dari Addis Ababa Music Institute.

“Setelah berhasil, dia terus bekerja keras mengembangkan kesenanganya dan mengubah kehidupannya. Dia lalu mendirikan suatu organisasi yang bernama Ethiopia Inspired Association, yang anggotanya itu adalah anak-anak jalanan di seluruh Ethiopia,” ungkapnya.

Baca Juga:  Darurat Covid-19, Prof. Djohermansyah Tunda Launching Buku 'Koki Otonomi'

“Dengan organisasi yang dia pimpin dan didukung oleh keberhasilanya di dunia musik, dia bisa menarik, mengangkat derajat anak-anak jalanan yang ada di Ethiopia, dan itu komitmennya,” tukasnya. (ms/age)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.