Empat Petinggi Parpol Sumbar Siapkan Poros Baru, Siapa Pasangan Calonnya?

Padang, Mimbar —- Kejutan muncul di momentum Idul Adha.  Semangat ikhlas dan berkorban untuk Sumbar lebih baik, lebih maju dan lebih hebat kedepan ditampilkan empat petinggi parpol. Mereka sepakat membentuk poros baru, meski belum memastikan siapa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Serentak Desember 2020 mendatang.

“Kita tidak pikirkan ego Parpol, tapi kita pikirkan Sumbar dan masyarakat kedepan, semangat kami ayo kita cari pemimpin Sumbar dan biar kita ikhlaskan mereka bekerja kalau dipercaya masyarakat Sumbar,” ujar Ketua PKB Sumbar H Febby Dt Bangso Sabtu 1 Agustus 2020 di Padang.

Viral, empat petinggi Parpol di Sumbar betemu, sepertinya sepakat membuat poros baru atau koalisi empat Parpol.

“Ya ada pertemuan di Hotel Mercure malam ini, ada Ketua Partai Golkar H Khairunas, ada Ketua Nasdem Hendrajoni, ada Ketua PKB Febby Dt Bangso dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman,” ujar Wakil Ketua DPD Partati Golkar Sumbar Afrizal.

Baca Juga:  Masyarakat Pessel Siap Menangkan Nasrul Abit di Pilgub Sumbar 2020

Afrizal memberikan sinyal bertemunya empat petinggi Parpol tingkat Sumbar tentu menyikapi soal Koalisi atau Poros baru Pilkada Sumbar 2020.

“Arahnya tentu ke situ karena empat Parpol dengan poros baru ini bisa mengusung pasnagan calon ke Pilkada Sumbar 2020. Jumlah kursi di DPRD jika empat Parpol bikin poros baru 17 kursi lebih dari syarat minimal yaitu 13 kursi,” ujar Afrizal.

Sementara Pengamat Politik Sumbar Yosmeri pertemuan empat petinggi Parpol di Sumbar sinyal bahwa Golkar, Nasdem, PKB dan PDI Perjuangan tidak mau menjadi folowing (pendukung) Paslon yang sudah ada.

“Elit Parpol di Sumbar mau menjadi follower yaitu menjadi pengusung Paslon tersendiri pada Pilkada Sumbar,” ujar Yosmeri.

Baca Juga:  Masukan dari Kunjungan ke Sorong, DPD RI akan Bentuk Pansus Papua

Menurut Yosmeri poros baru ini dikejar waktu memproses siapa Paslon diusung ke Pilkada Sumbar.

“Mungkin membuka sekretariat bersama atau membuka rekruitmen Paslon di masing Parpol nanti di musyawarahkan. Tapi meliha konstelasi tokoh maju Cagub dan Cawagub saat ini tentu tidak mungkin mencari figur baru, karena popularitas dan elektabilitas tentu menjadi acuan dari koalisi atau poros baru Pilkada Sumbar itu,” ujar Yosmeri.

Bisa saja empat Parpol
di poros baru ini akan memilih Faldo-Febby atau Fakhrizal-Genius atau Gusmal-Fauzi mungkin juga Shadiq Pasadique.

“Tapi, bisa jadi mengkolaborasikan dari tujuh nama itu,” ujar yosmeri.

Saat ini masih belum ada keterangan resmi dari petinggi empat Parpol itu. Diyakini Senin atau Selasa ada pernyataan resmi lahirnya Koalisi empat Parpol yang punya 17 kursi di DPRD Sumbar. (ms/rls/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.