Erick Hariyona, Visioner Muda yang Matang Berorganisasi dan Campin Berbisnis

Erick Hariyona. foto.dok

Padang, Mimbar — Nama Erick Hariyona memang tak asing lagi bagi masyarakat Ranah Minang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Apalagi bagi kalangan milineal dan kaum muda. Selain matang dalam berorganisasi juga campin dalam berbisnis. Sejumlah organisasi pernah digelutinya, termasuk berbagai usaha yang mengantarkannya menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumbar.

Lelaki kelahiran Padang, 23 Oktober 1982 ini, adalah aktivis organisasi kepemudaan yang dekat dengan kaum pemuda.

Erick Haryona, putra dari H. Hariadi – Hj. Emma Yohana ini, menamatkan pendidikan terakhir (2014-2016) pada salah satu perguruan tinggi di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan Jurusan Administrasi Bisnis. Sedangkan pendidikan sebelumnya, termasuk tingkat SLTA, SLTP dan SD, di lalauinya di Kota Padang Sumatera Barat.

Kesuksesannya dalam wirausaha seiring pengalamannya di bidang keahlian konstruksi, properti, periklanan, alat berat, dan konstruksi jalan. Dan Ia juga menekuni beberapa sektor bisnis lainnya. Seperti Dewan Direksi jaringan media Kabarpolisi Media Group (KMG) yang mengelola sejumlah media online.

Erick Hariyona, tokoh Muda Sumbar , Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumbar
Diantara perusahaan yang dikembangkannya adalah PT Barettamuda Pratama, yang bergerak di bidang: konstruksi, properti, periklanan, alat berat, dan konstruksi jalan.

Baca Juga:  Romi Ditemukan Tewas di Pusaran Irigasi Batang Ampu

Selain itu, sebagai komisaris PT Hariyona. Bergerak di bidang konstruksi, properti, dan periklanan. Kemudian sebagai Komisaris CV Dwitama Putra bidang Pemasok dan Agen serta Komisaris Citra Almadina Foundation yang bergerak di bidang pendidikan.

Dalam perjalanan memenej sejumlah perusahaan, ia pernah dipercaya sebagai Wakil Presiden AKAINDO (Asosiasi Konstruksi Udara Indonesia). Kemudian Ketua HIPMI, Sumatera Barat (Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia) Periode 2008-2011.

Sejumlah program strategis HIPMI dijalankan, seperti memberdayakan para pengusaha muda Sumbar, sehingga bisa eksis dan disegani di kancah nasional. Tak heran, sebelumnya banyak pengusaha muda nasional beranjak dari organisasi ini.

Sebut saja misalnya, Jusuf Kalla, Agung Laksono, Fahmi Idris, Aburizal Bakri, Siswono Y. Sementara di tingkat Sumbar, seperti Fairus Bakhtiar Kahar, Ambrial Hasan, Irfianda Abidin, Budi

Selain itu, Erick diberi amanah sebagai Wakil Presiden AABI, Sumatera Barat (Asosiasi Aspal dan Beton Indonesia). Juga Ketua Asosiasi Pembangun Bangsa Indonesia, Sumbar.

Di bidang organisasi kepemudaan, Erick Haryona juga sebagai Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Sumbar periode 2017 – 2022. Ia diamanahi jabatan itu sesuai Musyawarah Wilayah (Muswil) VII Pemuda Pancasila Sumbar yang diselenggarakan di Kota Padang pada akhir Maret 2017 lalu. Ketika itu Erick berhasil menumbangkan rivalnya Hendra Irwan Rahim.

Baca Juga:  Bupati Yulianto Lantik Sejumlah Pejabat 

ia pun dinilai berhasil memperkuat kader yang ada di setiap Kabupaten Kota Sumbar. Ini selaras dengan program utamanya yaitu memberdayakan setiap kader yang ada sesuai dengan motto Pemuda Pancasila.

“Alhamdulilah, konsolidasi dan kepengurusan terbentuk sampai ke tingkat kabupaten/kota bahkan kecamatan. Dan sudah jalan aneka program yang bermanfaat untuk masyarakat, termasuk juga bidang sosial, seperti membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam seperti yang terjadi di solok selatan,” ujar Erick.

Masih terkait kepemimpinan dalam Organisasi Masyarakat (Ormas), Erick Haryona juga dipercaya sebagai Ketua Masyarakat Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR). Pengukuhannya sebagai ketua dilakukan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP MKGR.

Berbekal kemampuan dan keahliannya serta pengalaman dan prestasi Erick Haryona, dalam berwirausaha dan memimpin organisasi. Tak salah, pemuda gagah ini, menjadi harapan masyarakat Sumbar terutama kaum pemuda untuk pemimpin Provinsi Sumbar di masa mendatang. (ms/rls/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.