FIP UNP dan ISMAPI Sumbar Siap Bantu Penguatan Manajemen Sekolah di Masa Pandemi

Padang, Mimbar — Ikatan Sarjana Manajemen dan Administrasi Pendidikan Indonesia (ISMAPI) Sumatera Barat (Sumbar) dan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (FIP UNP) menyelenggarakan webinar nasional dengan tema “Penguatan Manajemen Pendidikan untuk Mewujudkan Sekolah Penggerak dan Merdeka Belajar” melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal Youtube UNP Video Streaming, Sabtu (8/8/2020)
Ketua ISMAPI Sumbar yang sekaligus Dekan FIP UNP, Prof. Rusdinal menyampaikan bahwa organisasi ini baru dibentuk di Sumbar. Berbagai kegiatan sudah dilakukan seperti mengadakan diskusi dan memberikan pencerahan atas kerjasama akreditasi sekolah bersama Gubernur Sumbar. Kedepan ISMAPI akan berupaya membantu penguatan manjemen sekolah di lingkungan Provinsi Sumbar terutama pada masa pandemi virus corona saat ini. Selain itu, ISMAPI siap membantu penguatan manajemen sekolah sehingga ada solusi bagi sekolah dalam mengimplementasikan sekolah bergerak dan kebijakan merdeka belajar yang telah digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim.
Ketua ISMAPI Pusat, Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd melaporkan bahwa salah satu misi ISMAPI adalah mengembangkan ilmu dan praktek manajemen dan administrasi di Indonesia. ISMAPI senantiasa melakukan kajian dan penelitian melalui webinar untuk mencari formula terbaik dalam mengembangkan ilmu manajemen dan administrasi di Indonesia.
Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D turut hadir memberikan sambutan pada kegiatan webinar ini. Prof. Ganefri menyampaikan bahwa dampak dari Covid-19 ini banyak dilaksanakannya webinar yang bertujuan melahirkan ide-ide inovatif dan kreatif. Rektor mengapresiasi ISMAPI yang telah mengangkat tema webinar pagi ini yang temanya sangat kreatif. Tema ini sangat bagus karena akan melahirkan ide kreatif terhadap berbagai persoalan, terutama pendidikan. Prof. Ganefri menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada Gubernur Sumbar karena selalu support, sehingga UNP selalu berkembang dan dukungan-dukungan kebijakan dari gubernur sangat luar biasa terutama dalam mendukung pendidikan di Sumbar.
“Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan menjadi kebanggaan orang Minang karena memegang poin kendali Dirjen GTK yang sangat strategis. Kita menginginkan guru yang berkualitas, sekolah yang berkualitas, sekolah unggul. Untuk menghasilkan sekolah unggul harus mempunyai guru yang unggul. Untuk menghasilkan guru yang unggul, LPTKnya harus unggul. Oleh sebab itu, UNP harus tetap unggul, menghasilkan calon guru-guru yang unggul, agar kita bisa menghasilkan sekolah-sekolah yang unggul, tentunya sekolah yang unggul akan menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul”, ungkap Prof. Ganefri.
Pada kesempatan ini, Gubernur Sumatera Barat yang sekaligus sebagai dewan Kehormatan ISMAPI Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc secara resmi membuka kegiatan webinar nasional ini. Prof. Irwan Prayitno menyampaikan apresiasi kepada ISMAPI dan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP terhadap peran untuk menjadikan pendidikan lebih baik dengan diadakannya webinar ini.
“Pendekatan melalui merdeka belajar dengan webinar ini merupakan suatu keniscayaan untuk mengaktualisasi diri menjadi lebih dari apa yang kita miliki potensi yang ada pada diri kita menjadi komptensi dan bisa bemanfaat bagi kita semua” Ungkap Gubernur Sumbar.
Hadir sebagai pemateri diantaranya Dr. Irwan Syahril, Ph.D (Direktur Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud RI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE.(Bupati Dharmasraya), Dr. Ahmad Yusuf Sobri, M.Pd (Dosen Universitas Negeri Padang), dan Dekan FIP Universitas Negeri Gorontalo, (Alumni Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP). Acara webinar nasional yang berlangsung selama tiga jam ini diikuti lebih dari 2000 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. (ms/rls/hms).

Baca Juga:  Rektor Prof Ganefri Apresiasi Mahasiswa Berprestasi

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.