Genius Umar Sang Walikota Entrepreneur 2019

JAKARTA, MIMBAR — Walikota Pariaman Genius Umar menerima penghargaan Walikota Entrepreneur Award 2019 untuk kategori pendidikan, yang diserahkan pada acara Regional Leader Entrepreneur Award 2019 di Ballroom 1C, Ritz Carlton Pacific Place, Komplek SCBD Jakarta, Rabu (4/12).

Regional Leader Entrepreneur Award 2019 merupakan acara pemberian penghargaan kepada kepala-kepala daerah berprestasi yang diinisiasi Mark Plus, Inc, dan penjuriannya dilakukan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing dengan mengacu pada penilaian kinerja yang bersangkutan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Penetapan pemberian penghargaan dilakukan setelah penjurian panjang dan melalui audiensi langsung dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah dan klarifikasi dengan tim Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, terkait lama menjabat dan pencapaian minimal status tinggi untuk penilaian kinerja Kemendagri.

Berdasarkan itulah Philip Kotler Center for ASEAN Marketing menyatakan, Genius Umar selaku Wali Kota Pariaman menjadi penerima Wali Kota Entrepreneur Award 2019 untuk kategori pendidikan.

Baca Juga:  Diperlukan Sinergitas Daerah dalam Menjaga Stabilitas Informasi Pembangunan

“Syukur alhamdulillah, penghargaan ini merupakan buah kerja keras Pemko Pariaman, dan dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Pariaman,” ujar Genius seusai menerima penghargaan tersebut.

Kepedulian Walikota Genius Umar terhadap pendidikan sangatlah tinggi. Pemko Pariaman saat ini memiliki program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja), dan kemudian pendidikan gratis mulai dari SD sampai SMA.

“Karena kewenangan SMA/SMK ada di provinsi, agar program itu sukses, Pemko Pariaman memberikan bantuan dana khusus kepada Pemprov Sumbar, agar pelajar SMA/SMK bisa gratis uang bulanannya,” sebut Genius.

Banyak lagi pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan oleh Pemko Pariaman di bidang pendidikan. Termasuk bekerja sama dengan perguruan tinggi umum maupun vokasi, seperti Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar, Politeknik ATI Padang, dan lainnya dimana para pelajar Kota Pariaman menlanjutkan pendidikan ke sana.

Baca Juga:  TNI Dukung Percepatan Pembangunan dan Keluarga Berencana

“Begitu juga dengan pemberian beasiswa bagi pelajar yang berprestasi, termasuk bagi mereka yang melanjutkan S1 ke perguruan-perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,” pungkas Genius, yang merupakan doktor ilmu kebijakan publik jebolan IPB Bogor itu, dan alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN).

Hadir dalam acara pemberian penghargaan itu para kepala-kepala daerah, seperti Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), juga Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indoneasia (APEKSI), serta pejabat dari Kemendagri. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *