Sumbar  

Gubernur Mahyeldi: Rencana Pengoperasian Jalur Lembah Anai On Schedule 

Gubernur Mahyeldi saat meninjau perbaikan Jalan Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Selasa (9/7/2024) sore. (foto/dok)

PADANG, mimbarsumbar.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengatakan, pengoperasian jalan Lembah Anai sampai saat ini, masih sesuai jadwal yang diperkirakan sebelumnya.

Dia mengatakan, terkait pengoperasian jalan Lembah Anai, tetap ditargetkan pada tanggal 20an Juli 2024 mendatang secara bertahap.

“Insha Allah pada (tanggal) 20an nanti akan kita (operasikan) secara bertahap melewati Jalan Lembah Anai ini,” kata Mahyeldi saat meninjau perbaikan Jalan Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Selasa (9/7/2024) sore.

Nantinya akan ada aturan pembatasan, mana kendaraan yang diperbolehkan melewati jalan Lembah Anai tersebut.

“Nanti diumumkan, mana kendaraan yang boleh melewati, ini bertahap, nanti mana (jalan) yang akan buka tutup. Kita lihat bagaimana kemampuan jalannya, bagaimana penurunannya, ini kan banyak yang diperbaiki curam-curam, dan tinggi-tinggi. Jadi bagaimana jalan ini aman dilewati nantinya,” sebut Mahyeldi.

Menurutnya, saat ini Balai Jalan berjibaku selama 24 jam tanpa henti melakukan perbaikan pada jalan yang rusak karena galodo tersebut.

“Balai Jalan pekerjaannya 24 jam, tiada henti, peralatan semuanya ini belum pernah saya lihat, dan dikerjakan disini. Disinilah kita lihat, Balai Jalan sangat serius dalam menyelesaikan dalam waktu cepat perbaikan jalan Lembah Anai ini,” sebut Mahyeldi.

Saat ini, terdapat tiga titik yang cukup berat dalam pengerjaannya di jalan Lembah Anai, sesuai dengan data yang didapatkannya.

“Ada tiga titik sangat berat, ini (tengah) diprioritaskan oleh Balai Jalan untuk pengerjaannya. Setelah ini (lembah anai) tuntas, kita akan mulai yang jalan Padang Luar-Malalak,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengingatkan kembali agar masyarakat, terutama pengendara bersabar agak tak nekat melewati jalan Lembah Anai yang masih dalam proses perbaikan.

“Kita tahu banyak terhambat di sana (Jalan Alternatif), namun masyarakat kita harapkan kesabarannya perlu ditingkatkan,” pungkas Mahyeldi. (ms/*/ald)