Gubernur Mahyeldi Setuju Sumbar Tuan Rumah Rakernas SIWO PWI dan Porwanas

Gubernur Mahyeldi didampingi Kabiro Adpim, Maifrizon, berdialog dengan pengurus PWI Sumbar membicarakan persiapan Sumbar menjadi tuan rumah Rakernaslub SIWO PWI dan Porwanas ke-14, di Mushalla Istana Gubernuran, Rabu (29/3) malam. (foto dok/ist)

PADANG, mimbarsumbar.id — Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyetujui Sumbar jadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Luar Biasa (Rakernaslub) Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI). Peraetujuan itu sekaligus jadi sinyal Sumbar bakal jadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-14.

“Insya Allah, Sumbar siap menjadi tuan rumah Rakernaslub SIWO PWI dan juga siap menjadi tuan rumah Porwanas ke-14,” kata Buya Mahyeldi kepada Ketua PWI Sumbar, Ir. H. Basril Basyar, MM di Mushalla Istana Gubernuran, Rabu (29/3) malam.
Dalam pertemuan menjelang shalat tarwih itu, gubernur didampingi Kepala Biro Adpim, Drs. Maifrizon, M.Si dan sejumlah staf. Sementara Ketua PWI Sumbar didampingi Ketua SIWO, Syaiful Husein dan Wakil Ketua.Bidang Kesra, Widya Navies.
Pada pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, disepakati Rakernaslub SIWO PWI dilaksanakan Sabtu-Minggu (8-9/4) di Auditorium Gubernuran Sumbar.
Selain akan diikuti utusan PWI se-Indonesia, Rakernaslub SIWO itu juga akan dihadiri oleh Ketua Umum, Ketua dan Sekretaris SIWO PWI Pusat.
Dalam Rakernas itu akan dibahas berbagai agenda, termasuk penetapan tuan rumah sekaligus jadwal Porwanas dan cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan serta hal-hal teknis lainnya.
Ketua SIWO PWI Pusat, Ariwangsa ketika diberitahukan hasil pertemuan Pengurus PWI Sumbar dengan gubernur itu, dengan sukacita menyampaikan salut. “Saya salut dengan PWI Sumbar yang telah bisa meyakinkan bapak gubernur untuk menjadikan Sumbar sebagai tuan rumah Rakernaslub SIWO. Saya juga salut pada bapak gubernur yang telah memberikan respon positif dan menyatakan Sumbar siap menjadi tuan rumah Rakernaslub SIWO PWI dan siap menjadi tuan rumah Porwanas ke-14,” ujar Ariwangsa.
Tentang peluang Sumbar menjadi tuan rumah Porwanas ke-14, menurut Ariwangsa, peluang itu sangat besar dan tinggal ketuk palu. “Tanpa bermaksud mendahului, Insya Allah, Sumatera Barat menjadi tuan rumah Porwanas ke-14. Tinggal ketuk palu pada Rakernaslub SIWO PWI nanti,” katanya optimistis.
Ariwangsa menyampaikan keyakinannya itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, dari empat provinsi yang berminat menjadi tuan rumah Porwanas, secara administrasi, Sumbar yang paling siap dan memenuhi syarat.
“Satu-satunya Sumatera Barat yang mengajukan permohonan untuk menjadi tuan rumah Porwanas yang menyertakan surat rekomendasi dari gubernur dan DPRD Sumbar. Sementara tiga provinsi lainnya; Kalimantan Timur, Solo dan Aceh, belum menyampaikan permohonan selengkap yang diajukan Sumatera Barat,” katanya. (ms/*/ald)