Sumbar  

Gubernur Mahyeldi: TMMD sebagai Upaya Mewariskan Semangat Bela Negara pada Generasi Muda

Gubernur Mahyeldi saat menjadi Inspektur pada Upacara Pembukaan TMMD ke-120 Tahun 2024 di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar, Rabu (08/05/2024). (foto/dok/adpsb)

TANAH DATAR, mimbarsumbar.id — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyatakan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah bagian dari upaya mewariskan semangat bela negara dan wawasan kebangsaan kepada generasi muda.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menjadi Inspektur pada Upacara (Irup) Pembukaan TMMD ke-120 Tahun 2024 di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar, Rabu (08/05/2024).

“Kita sudah mengetahui dan merasakan, bahwa TMMD selalu jadi momentum yang berharga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun lebih jauh dari itu, melalui program ini kita juga secara langsung mewariskan semangat bela negara kepada generasi muda kita,” ujar Gubernur Mahyeldi dalam amanatnya pada upacara yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Amphibi Sungai Tarab tersebut.

Sejauh ini, sambung Gubernur, TMMD sebagai program lintas sektoral yang dikomandoi oleh TNI, telah mendatangkan manfaat nyata bagi masyarakat. Sebab, program ini jamak diisi dengan pembangunan dan perbaikan terhadap fasilitas umum, serta berbagai penyuluhan yang sangat berguna bagi masyarakat.

“Melalui upaya pembangunan yang dilakukan lewat TMMD, generasi muda kita dapat melihat betapa pentingnya persatuan dan komitmen bersama dalam membangun bangsa. Semoga, pada pelaksanaan TMMD tahun ini, hasil yang diperoleh juga maksimal sesuai harapan masyarakat,” ucap Gubernur lagi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan sejumlah bantuan yang bersumber dari berbagai pihak untuk mendukung kelancaran program TMMD di Kabupaten Tanah Datar. Antara lain, bantuan 1 unit bedah rumah dan 250 zak semen dari PT Semen Padang, bantuan 5 unit RTLH senilai Rp125 juta dari Baznas Sumbar, dan bantuan 1 unit bedah rumah serta 30 zak semen dan Alquran dari Kanwil Kemenag Sumbar.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam sambutannya menerangkan, bahwa program TMMD di kabupaten tersebut termasuk di antaranya dalam bentuk pembangunan jalan sepanjang 4,5 kilometer. Selain dianggarkan melalui APBD Kabupaten Tanah Datar, juga telah diterima bantuan dari Mabes TNI senilai Rp500 juta, serta dari berbagai pihak dan OPD terkait.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD di Tanah Datar. Tentunya kita berharap, agar dampak dari program ini segera bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kita juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, yang telah bersedia menjadi Irup dan memberi arahan pada upacara pembukaan TMMD di Tanah Datar,” ujar Eka Putra.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Jajaran Forkopimda Provinsi Sumatera Barat dan Forkopimda Kabupaten Tanah Datar, Kepala Dinas PMD Sumbar, Amasrul; Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Edi Dharma; Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim; Alim Ulama, Niniak Mamak, Cadiak Pandai, serta tamu undangan lainnya. (ms/adpsb/isq)