Habiskan APBD 6.3 M, Tagline “Padang Kota Tercinta” Tinggal Rangka


Padang, Mimbar — Tagline “Padang Kota Tercinta” yang terletak di kawasan Gunung Padang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, kini tinggal rangka. Proyek yang didanai APBD Kota Padang sebesar Rp.6.3 miliar tersebut, Sabtu, 30 November 2019 malam, ludes dilalap sijago merah.
Api yang diduga berasal dari korsleting listrik itu, menghabiskan sebagian besar bagunan tagline. Hanya tiga huruf yang tersisa. Itupun setelah tim Pemadam Kebakaran (Damkar) mengerahkan kekuatan penuh untuk memadamkan api yang sedang membara.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Hendrizal Azhar mengatakan, si jago merah melalap sebagian tagline itu sekira pukul 05.30 WIB.
“Tim diturunkan dengan kekuatan penuh. Ada 6 armada yang turun ke lokasi,” ungkap Hendrizal.
Selain armada Damkar Kota Padang, lanjut Hendrizal, jiga dibantu satu unit armada dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat.
“Soal kerugian, bukan tugas kami menghitung, sebab ada petugas lain yang berwenang,” ujarnya.
Dikatakan Hendrizal, api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian. “Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan, pasukan sudah balik kanan,” tukuknya.
Sebagaimana diketahui, tagline “Padang Kota Tercinta” dibangun mirip dengan tagline-nya Hollywood di Amerika dan menghabiskan dana APBD Kota Padang sekitar Rp6.370.071.000,-
Pada saat pembangunan, di plank proyek tertulis, nama kegiatan Pembangunan Tagline, nama kegiatan Pengadaan Konstruksi Tagline, lokasi Gunung Padang, nomor kontrak 044/Kon-BM/APBD/DPUPR/2017 tanggal 5 Juli 2017, masa kontrak 180 hari, nilai kontrak Rp6.370.071.000,- (Rp6,37 miliar), kontraktor pelaksana PT Prindos Jaya dan konsultan pengawas CV Bina Citra Konsultan.
Kostruksi tagline tersebut menggunakan baja berat WF HBM. Tinggi kostruksi huruf “Padang” 10 meter dan “Kota Tercinta” 5 meter. “Total berat baja keseluruhan lebih kurang 40 ton.
Konstruksi tagline senilai Rp6,3 miliar itu ditutup dengan lembaran akrilik bagian depan, dan bagian belakang dengan Alu Carbon. Di dalamnya dipasang lampu LED dan di luarnya dipasang lampu sorot. (ms/ald)

Baca Juga:  Kapolda Fakhrizal Dituding Anggota Komisi III DPR,  Kapolri: Ikut Pilkada, Obatnya Diganti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *