Harga Cabai Merah Turun di Pasar Lubuk Basung

Agam, Mimbar –Harga cabai merah di Kabupaten Agam turun menjadi Rp20.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp24.000 per kilogram.

Pedagang Pasar Padang Baru Lubuk Basung, Mina (46) saat ditemui wartawan, Senin (21/09/20) mengatakan, harga cabai turun sejak Kamis (17/9). Di lapaknya, kini harga cabai merah dijual Rp20.000 per kilogram.

Ia tidak tahu penyebab turunnya harga cabai. Namun, untuk harga bahan pokok beras, telur, daging dan sejumlah sembako lainnya masih stabil.

Menanggapi hal itu, Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Agam, Nelfia Fauzana, saat dikonfirmasi via ponsel, mengatakan saat ini di pasaran memang ada penurunan harga cabai. Stok yang melimpah di pengumpul membuat harga kebutuhan pokok tersebut menurun.

Baca Juga:  Dinsos Agam Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Pada Korban Kebakaran Pasia Laweh

“Dari pantauan kita di Pasar Serikat Lubuk Basung dan Garagahan rata-rata sekitar turun Rp4.000 per kilogram,” jelasnya.

Selain cabai merah, jelasnya, harga bawang putih juga mengalami penurunan sebesar Rp1.000 dari Rp24.000 menjadi Rp23.000 per kilogram.

Turunnya harga cabai merah dan bawang putih itu akibat pasokan di pedagang pengumpul cukup banyak setelah petani melakukan panen raya.

“Sesuai dengan hukum ekonomi. Apabila pasokan banyak dan permintaan sedikit, maka harga akan turun,” terangnya. (Ms/RiL)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.