Hari Pertama Puasa, Pasar Ikan Tuapejat Sepi

Pembeli yang berkunjung di pasar ikan Tuapejat sangat sepi. Kamis (23/03/23). (foto/dinda)

MENTAWAI, mimbarsumbar.id – Pembeli yang berkunjung ke pasar ikan Tuapejat, kecamatan Sipora Utara, Kamis (23/03/23) terlihat sangat sepi.

Keberadaan pasar ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan konsumsi ikan. Akan tetapi sepinya pembeli memungkinkan pedagang ikan akan mengalami kerugian. Beberapa pedagang ikan mengeluhkan situasi ini.

Sepi pembeli yang dirasakan oleh pedagang ikan bukan kali ini saja terjadi. Apa lagi saat ini masih suasana puasa pertama. Banyak dari masyarakat yang melakukan perjalanan ke Padang atau bahkan ada yang sudah melakukan mudik. Karena hampir sebagian masyarakat merupakan pendatang, tidak heran masyarakat pendatang tidak menatap lama, apalagi pada hari-hari besar.

Pada kesempatan ini pedagang mengatakan di tengah sepinya pembeli juga ketersediaan stok ikan terbatas. Karena nelayan yang berada disini juga sebagian pendatang. Akan tetapi harga ikan tetap normal meskipun stok ikan terbatas.

“Stok ikan kita cuma segini, mungkin ini hari kedelapan,ikan kosong,” ucap Riki selaku pedagang ikan.

“Nelayan ada yang tidak melakukan kegiatan memancing pada puasa pertama Ramadhan ini,” lanjut Riki.

Terkait harga ikan, apabila terjadi kekosongan stok maka masyarakat akan sulit mendapatkan ikan, dan kalau pun ada harga akan naik. Situasi kekosongan stok ikan memang sering pada hari-hari besar, dan khususnya daerah Mentawai kekosongan stok pernah terjadi pada musim cengkeh.

Sebagai masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, akan berhenti kelaut dan sibuk memanen cengkeh. Akan tetapi pada puasa pertama Ramadhan ini harga ikan masih normal.

“Harga ikan kita tetap normal seperti biasanya, tidak ada kenaikan,lagi pula pembeli juga sepi” ujar Andi selaku Pedagang ikan juga. (ms/dinda)