Hebat..!! UNP Kerjasama Pendidikan dengan Tiga Universitas dan 6 Perusahaan Malaysia

Rektor UNP Prof. Ganefri foto bersama dengan perwakilan universitas dan perusahaan Malaysia. foto.dok

Padang, Mimbar  — Setelah penandatanganan kerjasama (MoU) dengan 52 Perusahaan pekan pertama Juli 2019 lalu di Wisma Malindo No 8 Lorong Pandita 4 Taman Connaught 56000, Cheras Kuala Lumpur, Malaysia, Universitas Negeri Padang (UNP) atas prakarsa Ketua Perwakilan Alumni UNP di Malaysia, Prof Dr Dato’ Sri Alex Ong kembali melaksanakan MoU dengan dengan tiga Perguruan Tinggi (PT) luar negeri pada Rabu (28/8) di Auditorium UNP Air Tawar Padang.

“UNP pada saat ini adalah salah satu universitas terbesar di Sumatera dengan 101 program studi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 42 ribu dengan jumlah dosen dan pegawai sebanyak dua ribu orang. UNP terus meningkatkan kualitas untuk menjadi universitas unggul di Asia Tenggara dan beberapa hari lalu sudah visitasi untuk sertifikasi AUN-QA pada empat program studi. Pada tahun ini, UNP juga akan kedatangan calon mahasiswa dari negara-negara Afrika,” kata Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. ketika pembukaan kuliah umum dan penandatanganan kerja sama dengan tiga Perguruan Tinggi luar negeri itu, Rabu (28/8).

Adapun tiga PT itu adalah Universiti Tenaga Nasional, Infrasrructure University Kuala Lumpur, Betjays University College. Kegiatan kuliah umum ini dilaksanakan juga dalam rangka menyambut tamu kehormatan dan rombongan Senator Datuk Seri Haji Abd. Halim Abd. Samad, Timbalan yang di-Pertua Dewan Negara, Parlimen Malaysia.

Baca Juga:  Rektor Ganefri Ingatkan Mahasiswa Mewaspadai Paham Radikalisme

Prof. Ganefri menjelaskan rombongan ini juga menghadirkan 46 orang pengusaha dari Malaysia dan hari ini akan ditandatangani kerja sama dengan tiga universitas dan enam perusahaan dari Malaysia.

Lebih lanjut Prof Ganefri mengatakan bahwa mahasiswa UNP dapat memperoleh sertifikat kompetensi dan magang di perusahaan Malaysia melalui implementasi kerja sama ini dengan enam perusahaan syarikat akademik di Malaysia.

“Hubungan baik antara tokoh pendidikan dan pengusaha dari Malaysia perlu terus ditinggalkan dengan UNP. Hal ini merupakan pendekatan akademik agar ilmu itu disampaikan kepada generasi muda di negara serumpun,” jelas
Senator Datuk Seri Haji Abd. Halim Abd. Samad, Timbalan yang di-Pertua Dewan Negara, Parlimen Malaysia.

“Kerja sama antara dua negara serumpun dapat tumbuh dan bertambah lagi terutama dalam bidang pendidikan. Mufakat dan kerja sama ini diharapkan semakin kokoh dan semakin berjaya,” jelas Datuk Seri Haji Abd. Halim Abd. Samad.

Kuliah umum dan Penandatangan Kerjasama ini dalam rangka meningkatkan kapasitas, lulusan UNP memperoleh kepastian, selain dihadiri langsung Senator Datok Seri Abdul Halim Bin Abdul Sanad, Prof. Dato Sri DR Alex Ong, dan pimpinan Infrastructure University Kuala Lumpur (IUKL) Prof. Dr. Ideris Zakaria, pimpinan Berjaya University College Prof. Emeritus Walter Wong dan Dato, pimpinan Universiti Tenaga Nasional (UNITEN) Dato’ Prof. Ir. Dr. Kamal Nasharuddin Mustapha, juga turut hadir Wakil Walikota Padang, Hendri Septa dan para Wakil Rektor UNP dan para Dekan.

Baca Juga:  Mahasiswa Trengganu Pahami Pengelolaan Asrama ke UNP

Sementara itu Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa optimis dengan kerjasama ini akan saling menguntungkan antar kedua negara ini, baik dari segi persahabatan antar dua negara dan ilmu pengetahun serta keterampilan dikalangan mahasiswa.

Hendri Septa mengharapkan, momentum ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh perguruan tinggi bersangkutan dan mahasiswanya. Sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) kota Padang pada umumnya Sumatera Barat semakin baik dan mampu bersaing di dunia Internasional.

“Kota Padang (Sumbar) dianggap oleh dunia luar seperti Malaysia, China, Vietnam dan lainnya memilik SDM yang cukup baik. Untuk itulah Malaysia punya ketertarikan untuk melakukan kerjasama dengan negara kita (Kota Padang/Sumbar),” tegasnya.

Usai penandatangan MOU, rombongan dari Negara Jiran tersebut mengunjungi kawasan kampus UNP Air Tawar dan beberapa objek wisata di Kota Padang, diantaranya Pantai Padang. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *